KASMINI, MILIKI MODAL SEMANGAT TINGGI UNTUK MAJUKAN USAHABUSINESS ASSISTANCE FOR ECOPRENEUR MEMBER

RZ LDKO CilegonMEDAN. Adalah Ibu Kasmini, salah seorang member binaan RZ dalam program kewirausahaan di wilayah ICD Sidorejo Hilir. Kini Kasmini tengah menjalani usaha lontong sayur dan nasi uduk serta gorengan disekitar rumahnya. Usaha ini sudah dilakoninya selama lebih dari 5 tahun.

Setiap harinya, Kasmini memulai usahanya sekitar pukul 15.00 Wib hingga malam hari. Pasalnya, Kasmini sempat membuka usahanya dipagi hari namun penjualannya tidak terlalu menggembirakan karena disekitar tempat tinggalnya ada juga yang membuka usaha sejenis.

Disekitar tempat tinggalnya, Kasmini mampu memanfaatkan peluang para penghuni rumah kos mahasiswa yang turut membantu meningkatkan pendapatannya. Karena tidak sedikit dari mereka menjadi pelanggannya.

“Biasanya untuk menu makan malam, mereka mencicipi lontong sayur racikan saya ini. Lontong sayur khas Medan dengan kuah sayur yang kental dan citarasa pedas menjadi pilihan bagi anak-anak mahasiswa yang ngekost daerah sini,” tutur Kasmini. (04/10).

Atas perkembangan usaha yang ditunjukan oleh Kasmini, RZ tak lantas membiarkan usaha yang dirintis oleh membernya begitu saja. RZ melakukan pendampingan usaha yang berisikan tentang edukasi dalam pengolahan barang dagangan serta sistem sanitasi yang baik.

Tujuannya tiada lain adalah untuk memberikan hasil produksi tetap terjaga kebersihannya dan juga meningkatkan kualitas rasa supaya berdampak terdapat penjualan yang dicapai. “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih karena telah dibantu RZ, semoga usaha saya semakin maju kedepannya,” tutur ungkap Kasmini.***

Newsroom/Yosef
Medan

RZ LDKO CilegonMEDAN. Kasmini is a member of RZ Ecopreneur Community. She has vent uduk rice at her home for 5 years. However, from this business she could not help her husband to fulfill their family daily needs.

To increase her income, she decided to sell Lontong Sayur in the evening near boarding houses of university students near her home. Lontong Sayur is a traditional food of Medan.

Lately her business is improving significantly in regard to the acceptance of business capital and facility assistance given by RZ.

Last month, from her business she could earn up to a million rupiah as net income. This income is increasing significantly from November which was only 600 thousands rupiah. ***

Newsroom/Yosef
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia