KELOMPOK TERNAK “MAJU BERDAYA” DESA BERDAYA NGADIREJO LAKUKAN STUDY BANDING

BATANG. (21/03) Kelompok Ternak Maju Berdaya dari desa berdaya Ngadirejo Reban Batang Jawa Tengah yang dibina oleh fasilitator Rumah Zakat melakukan studi banding ke kelompok Ternak Di desa Karangtalun.

Sesampainya di lokasi rombongan disambut hangat oleh ketua kelompok bapak Iswadi setelah sedikit perkenalan bapak Iswadi mulai menceritakan awal mula ia merintis usaha peternakan kambing etawa yang sekarang sudah memasuki tahun ke empat dengan jumlah ternak kambing sekitar 40 kambing. para anggota kelompok ternak maju berdaya juga disuguhkan susu kambing aneka rasa hasil olahan dari susu kambing etawa perah dan juga kefir.

Setelah puas berbincang rombongan diajak ke kandang kambing milik pak Iswandi yang memiliki luas sekitar 12×24 M2. Kandang kambing ini terlihat bersih dan rapi disana rombongan juga diajari bagaimana membuat pakan ternak fermentasi, bagaimana mengolah pupuk kandang, bahkan juga air seni dari kambing juga sangat ampuh sebagai anti hama bagi tanaman.

Dari pertemuan ini Kabar baiknya adalah bapak Iswadi bersedia untuk ikut mendampingi dan membantu kelompok ternak Maju Berdaya untuk memastikan keberhasilan usaha ternak ini kedepannya.

“Masya Allah senang sekali rasanya ada yang bersedia mendampingi dari ahlinya langsung. Semoga kedepannya Usaha Ternak ini benar-benar bisa membantu banyak anggota ternak ini untuk lebih maju lagi perekonomianya” ujar Mustofiyah, Fasilitator Desa Berdaya Ngadirejo.

Newsroom
Hadi Yusuf/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi