Kecoa dikenal sebagai serangga yang bisa mendatangkan banyak penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui berbagai cara mengusir kecoa agar kebersihan rumah tetap terjaga dan Anda beserta keluarga terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan serangga ini.

Kecoa menyukai tempat yang gelap dan lembap, seperti di dekat tempat cuci piring, kamar mandi, belakang kompor, bagian bawah lemari es, saluran pembuangan, atau lemari pakaian.

Kecoa hidup dengan makan sisa makanan manusia, serat kayu atau papan, kulit mereka yang terlepas, kuku jari manusia, hingga kotoran. Serangga ini bahkan dapat bertahan hidup hingga berbulan-bulan tanpa makanan dan air.

Selain itu, kecoa betina dapat mengeluarkan sekitar 1–4 butir telur setiap 20–28 hari sekali dan masing-masing telur berisi 35–50 kecoa kecil. Jika tidak segera dibasmi, kecoa akan banyak berkembang biak dan menyebarkan berbagai penyakit.

Bahaya Kecoa bagi Kesehatan

Hidup di tempat yang kotor dan kerap mengonsumsi makanan yang tidak higienis, termasuk kotoran manusia, membuat kecoa sangat dikenal sebagai serangga penyebar kuman dan virus penyebab penyakit. Ada beberapa penyakit yang bisa dipicu atau ditularkan oleh kecoa, antara lain:

Asma dan alergi

Kotoran, air liur, telur, dan tubuh kecoa yang telah mati dapat menyebar di udara dan masuk ke dalam selaput lendir mata, hidung, dan paru-paru manusia.

Hal tersebut bisa memicu reaksi alergi, termasuk dermatitis, gatal, pembengkakan pada kelopak mata, dan gangguan pernapasan yang serius. Reaksi alergi tersebut lebih rentan dialami oleh penderita asma atau penyakit pernapasan lainnya.

Infeksi bakteri dan virus

Kecoa bisa membawa berbagai bakteri, termasuk SalmonellaStaphylococcus, dan Streptococcus. Kecoa juga kerap membawa banyak virus dan parasit, seperti cacing. Tak heran bila kecoak bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare, disentri, kolera, cacingan, dan demam tifoid.

Selain berbagai penyakit di atas, kecoa juga bisa menggigit manusia, meski hal ini jarang terjadi. Gigitan kecoa bisa menimbulkan rasa gatal dan nyeri yang mirip dengan gejala gigitan serangga.

Tips dan Cara Mengusir Kecoa

Meski sulit dibasmi secara keseluruhan, populasi kecoa di rumah dapat dikurangi dengan beberapa cara mengusir kecoa berikut ini:

1. Menjaga kebersihan rumah

Kunci untuk mengendalikan dan mengurangi jumlah kecoa di rumah adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengusir dan mengurangi jumlah kecoa:

  • Mencuci peralatan masak dan makan segera setelah digunakan
  • Membuang isi tempat sampah secara teratur setidaknya setiap 1–2 hari
  • Membersihkan remah-remah makanan atau tumpahan minuman
  • Membersihkan lantai rumah secara teratur dengan menyapu, mengepel, atau menggunakan vacuum cleaner
  • Membersihkan lantai di bagian bawah furnitur yang jarang dipindahkan, seperti kulkas, lemari, tempat tidur, sofa, atau kompor
  • Menghindari kebiasaan menumpuk koran, majalah, atau kotak karton
  • Membersihkan lemari penyimpanan, rak, dan laci, serta membuang barang atau benda yang tidak perlu.
  • Meletakkan kamper atau kapur barus di lantai dan tempat yang terlihat gelap dan lembap
  • Membersihkan tempat makan dan minum hewan peliharaan secara rutin

2. Menutup makanan dan minuman

Jika ada sisa makanan atau minuman, Anda disarankan untuk meletakkannya di dalam wadah kedap udara, menutupnya hingga rapat, dan menyimpannya di dalam lemari es.

Selain itu, pastikan tidak ada sumber air yang menetes atau terbuka, seperti dari keran, pipa bocor, dispenser, atau gelas. Hal ini karena kecoa membutuhkan air untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, tempat yang lembap atau basah dapat memungkinkan kecoa untuk mudah berkembang biak.

3. Menutup tempat masuk kecoa

Jika ada retakan di lantai dan dinding rumah atau celah kecil di bawah pintu, pastikan Anda menutupnya agar kecoa tidak bisa masuk ke dalam rumah. Jangan lupa pula untuk menutup lubang kamar mandi yang juga menjadi jalur masuk kecoa ke dalam rumah.

4. Menggunakan atau memanggil pembasmi hama

Selain mempratikkan berbagai langkah di atas, Anda juga bisa menggunakan perangkap kecoa dan semprotan pembasmi hama yang dijual bebas untuk mengusir kecoa. Namun, pastikan Anda meletakkan atau menggunakannya dengan hati-hati.

Jika diperlukan, Anda pun bisa menggunakan jasa ahli pembasmi hama untuk mengusir kecoa dan serangga lainnya dengan cara fogging.

Jangan anggap remeh keberadaan kecoa di rumah karena hewan kecil tersebut bisa menyebarkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, penting untuk mulai melakukan berbagai cara mengusir kecoa agar kesehatan Anda dan keluarga tetap terjaga.

Apabila Anda mengalami keluhan atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kecoa, konsultasikan ke dokter agar penanganan yang tepat dapat dilakukan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat tinggal sebagai cara mengusir kecoa paling efektif.

sumber: alodokter.com