Sahabat Zakat, Hari Ahad 11 Juli 2021 kita sudah memasuki Bulan Dzulhijjah. Terdapat banyak keutamaan di bulan tersebut, terutama di 10 hari pertama.

Ibnu Abbas Radhiyallahuanhu bercerita, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda, “Tidak ada hari-hari yang mengerjakan amalan shaleh pada hari-hari itu yang lebih baik dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini.” (HR Bukhari).

Menurut para ulama menafsirkan bahwa yang dimaksud dengan hari-hari dalam hadits di atas adalah sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah.

Menanggapi hadits tersebut, para sahabat bertanya, “Apakah lebih baik dari pahala jihad fi sabilillah?” Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam menjawab, “Meskipun jihad di jalan Allah, kecuali seorang laki-laki yang mengorbankan jiwa dan hartanya dan tidak mengharapkan balasan apapun dari semua itu.”

Ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk kita kerjakan di 10 hari pertama Dzulhijjah, di antaranya:

1. Melaksanakan Ibadah Haji dan Umrah
“Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah surga.“

2. Berpuasa, Terutama di Hari Arafah
Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah rahimahullah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya.”

3. Perbanyak Takbir dan Dzikir
Imam Bukhari rahimahullah menuturkan bahwa Ibnu Umar dan Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhuma keluar ke pasar pada sepuluh hari tersebut seraya mengumandangkan takbir, lalu orang-orangpun mengikuti takbirnya.

4. Berkurban
“Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (QS Al Kautsar: 2).

5. Memperbanyak Amal Shaleh
Banyak sekali amalan saleh yang bisa kita kerjakan, seperti shalat sunnah, membaca Al Quran, bersedekah, dan berbagai amalan shaleh lainnya.

Sahabat, mari kita gunakan kesempatan sepuluh pertama Dzulhijjah ini untuk mendulang pahala dengan memperbanyak amalan shaleh untuk bekal kita nanti. Semoga Allah selalu memberikan kita ampunan dan rahmat-Nya.