KIPRAH RELAWAN INSPIRASI RZ DI ICD WONOSARI

RZ LDKO CilegonPASURUAN. Seperti sebuah anomali di penghujung kemarau, begitulah yang terlihat di sepanjang jalan menuju wilayah ICD Wonosari. Tak tampak pohon jati yang meranggas, pun rumput yang kering kecokelatan, melainkan hanya hamparan hijau persawahan dan kebun jagung yang meneduhkan pandangan. Musim kemarau di sana ternyata tak terlalu berpengaruh bagi para petani. Beberapa sumber mata air yang berada di sekitar daerah Pasuruan cukup bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan bercocok tanam warga.

Wonosari adalah salah satu desa binaan RZ (Rumah Zakat) yang terdapat di Kec. Gondang Wetan, Kab. Pasuruan. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani, dengan tingkat pendidikan yang masih cukup rendah. Hal tersebut terjadi karena faktor utama, yaitu masalah biaya.

Sudah sejak akhir 2013 RZ hadir di Desa Wonosari. Melalui Alim, relawan inspirasi di Wonosari, RZ menelurkan berbagai macam program pemberdayaan bagi warga setempat. Baik pemberdayaan di bidang ekonomi, kesehatan maupun menyasar bidang pendidikan.

Beberapa program yang ditawarkan RZ telah sempat tereksekusi dengan baik, meski ada juga yang tak terdengar lagi kabarnya seperti seperti ternak lele. Selain karena kendala modal, ternak lele tersebut juga dinilai tidak menjanjikan. Namun, hingga sekarang masih ada usaha bengkel dari binaan yang cukup berkembang, bahkan sudah mempekerjakan lima karyawan. Di akhir tahun 2013 itu juga RZ sempat menggulirkan program khitanan masal bagi 50 anak di Desa Wonosari ini.***

Newsroom/Titin Latihifah
Pasuruan

Tags :
Konfirmasi Donasi