KOMITMEN KEMANDIRIAN WARGA ICD CIPUTAT TEKUNI CAKE HOUSE HUMAIRA

RZ LDKO CilegonTANGERANG. Semangat pemberdayaan di Ciputat, Tangerang Selatan mulai menggeliat sejak 4 tahun lalu. Tahun 2011, RZ yang bekerja sama dengan MDI mulai melakukan pemberdayaan dalam bidang ekonomi di wilayah Integrated Community Development (ICD) Ciputat ini.

Bantuan ekonomi yang pertama kali digulirkan di wilayah ICD Ciputat adalah program kelompok Cake House. Kelompok ini terdiri dari ibu-ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktunya untuk ikut berperan dalam memperbaiki ekonomi keluarga.

“Kelompok Cake House di awal pembentukan ICD ada 4 kelompok, dengan jumlah anggota 40 orang. Namun seleksi alam berlaku disini, kelompok tersebut sekarang hanya tinggal satu, dengan jumlah anggota lima orang saja,” ungkap Rio, ICD Fasilitator RZ untuk wilayah Ciputat.

Nama kelompok tersebut adalah Humaira, yang memiliki produk unggulan bandeng presto dan sistik keju. “Awalnya kami ada 11 orang tapi lambat laun hanya tinggal lima orang, yang lainnya pada mundur dan gak mau aktif lagi,” ujar Suni ketua kelompok Humaira.

Walaupun program cake house sejak pertengahan 2012 sudah tidak diperpanjang di wilayah ICD Ciputat ini, tapi kelompok ibu-ibu Humaira masih aktif mengembangkan usahanya hingga sekarang dan hasil penjualannya ditabung serta diambil setahun sekali.

“Pokoknya berapapun hasilnya kami bagikan setahun sekali untuk lebaran, hitung-hitung THR untuk kami, ibu rumah tangga yang tidak bekerja ini,” terang Suni.

Menurut Rio, Kelompok Humaira ini memang mempunyai komitmen yang kuat untuk lebih mandiri. Ini lah yang menjadi senjata keberhasilan mereka. Selain itu, Rio juga mengungkapkan bahwa salah satu faktor yang mendukung keberhasilan dalam pemberdayaan ekonomi adalah komitmen kuat dari para penerima manfaatnya.***

Newsroom/Yosef
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi