KOMUNITAS GREENPRENEUR RZ TANAM POHON DI ALUN-ALUN MALANG

RZ LDKO CilegonMALANG. Empat pohon Tabebuya di tanam di sisi selatan Alun-alun Merdeka Kota Malang, Minggu (22/11/2015). Selain itu, ditanam juga bibit tanaman hias, sayuran, dan buah-buahan di sekitar papan tulisan Alun-alun Malang. Kegiatan itu diprakarsai oleh Komunitas Greenpreneur RZ untuk memperingati Hari Pohon se-dunia yang jatuh pada 21 November.

Branch Manager RZ Malang Aditya Efan mengatakan, penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian lingkungan. “Bencana lingkungan yang terjadi harus menyadarkan masyarakat bahwa kelestarian lingkungan itu penting. Contohnya, kebakaran hutan di Sumatera menunjukkan betapa pentingnya hutan untuk kita. Kegiatan ini sekaligus untuk menginspirasi masyarakat,” kata Aditya, di sela kegiatan.

Sebelum penanaman pohon dimulai, peringatan hari pohon diawali dengan permainan melukis botol air miniral bekas. Sekitar 40-an anak binaan RZ mengambar botol bekas dengan aneka rupa. Botol-botol itu akan dipakai sebagai penganti pot untuk tanaman sayur-sayuran.

Selain memperindah tanaman, cara tersebut dipakai untuk mengurangi limbah botol bekas. Menurut Aditya, budaya peduli lingkungan memang harus diterapkan pada anak-anak sejak usia dini.

Sebelum tanam pohon dimulai, kegiatan juga diawali dengan bersih-bersih sampah. “Selain itu tim kami juga menggelar tes kesehatan gratis. Hari ini kami fokuskan kegiatan di Alun-alun Kota,” ujar Ketua Komunitas Greenpreneur Ikhsan Kurnianto, dalam kesempatan yang sama.

Melihat respons peserta yang antusias serta dukungan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Ikhsan berharap kegiatan ini akan bisa digelar rutin tahunan. “Ini memang baru pertama kali digelar. Tahun depan kami harap akan bisa menggelar lagi dengan sasaran ruang publik yang berbeda,” lanjutnya.

Aditnya mengganggap, kepedulian warga Kota Malang terhadap lingkungan cukup baik dibanding warga kota lain di Jawa. Namun, hal itu dinilai tak cukup untuk membuat lingkungan asri.

Perlu dukungan dari pemerintah dan badan swasta. Nah, langkah ini diharap bisa menjadi contoh bagi badan swasta lain. Meski bukan lembaga swasta pertama yang menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan, pria asal Bandung, Jawa Barat, itu berharap lembaga-lembaga lain akan mengikuti jejak RZ.***

Sumber : http://suryamalang.thein-thing.com/2015/11/22/peduli-lingkungan-komunitas-greenpreneur-rumah-zakat-tanami-pohon-di-alun-alun-malang

Tags :
Konfirmasi Donasi