KENDAL, RUMAH ZAKAT – Rumah belajar “ Anak Juara” yang ada di Desa Berdaya Manggungsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal Jawa Tengah mendapat tambahan koleksi buku bacaan baru dari UPZ PermataBank Syariah. Berbagai macam jenis buku baru dihardirkan untuk menambah semangat dan minat baca anak-anak.

Selain itu tujuan ditambahnya kolesi buku adalah untuk mengurangi penggunaan Gadget pada anak-anak yang semakin hari semakin tidak terkendali. Dengan ditambahnya koleksi buku baru dan menarik diharapkan akan mampu memecah konsentrasi anak dari ketergantungan Gadget.

Seperti yang disampaiakan Wartono, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat yang ada di desa tersebut. Menurutnya, penggunaan Gadget pada anak-anak sudah tidak terbendung, dengan dalih belajar online anak-anak kini leluasa untuk menggunakan HP tanpa ada kontrol dari para orang tua.

”Sangat prihatin melihat anak-anak yang kini makin akrab dengan HP, tanpa kontrol yang tepat dari orang tua bisa berbahaya. Makanya kita tambah lagi buku-buku baru agar bisa mengurangi penggunaan Hp,” ujarnya.

” Untuk menarik anak agar minat baca, kita ajak anak bermain tanya jawab, dan untuk mendapatkan jawabannya mereka harus cari di dalam buku,” tandasnya, Selasa (19/1).

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu pembimbing Rumah Belajar Kak Riska, dirinya sangat prihatin dengan anak-anak sekarang yang tiap hari berinteraksi dengan Gadget. Sehingga cara efektif untuk mengurangi ketergantungan anak pada gadget adalah dengan belajar sambil bermain, seperti yang ia lakukan saat ini bermain sambil tanya jawab.

”Ini salah satu metode yang kita pakai untuk membimbing anak belajar dan lebih gemar membaca untuk mengurangi ketergantungan pada HP. Terimakasih UPZ PermataBank Syariah dan Rumah Zakat yang telah mensupport dengan menambah koleksi lagi buku-buku bacaan yang baru di Rumah Belajar,“ ucapnya.

Newsroom
Dwi Pujiyanto/Amri Rusdiana