Cerita

Sudah Hampir 3 Pekan sejak dua gempa berkekuatan cukup besar mengguncang daerah Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat dalam 2 hari secara berturut-turut. 

Tercatat saat ini ada 91ribu Warga Mengungsi, banyak warga yang masih bertahan di pengungsian karena rumah mereka hancur dan khawatir gempa susulan yang lebih kuat, mereka juga khawatir terjadinya tsunami. 

Kondisi tenda darurat dan sarana air yang seadanya membuat warga rentan terhadap penyakit terutama, anak- anak dan para lansia.

Gempa Sulbar: Sarana Sanitasi Terbatas, Para Pengungsi Kesulitan Air

Dilansir dari voaindonesia.com ribuan pengungsi korban gempa bumi kuat di Sulawesi Barat kesulitan mendapatkan air bersih karena sarana sanitasi yang terbatas di berbagai lokasi pengungsian. Hingga 27 Januari 2021 jumlah pengungsi tercatat sebanyak 91 ribu jiwa di Kabupaten Mamuju, Majene dan Polewali Mandar.

Ketika Bencana Gempa terjadi masyarakat berbondong-bondong meninggalkan rumahnya karena dua faktor. Pertama karena rumahnya rusak dan karena kekhwatiran akan gempa-gempa susulan.

Titik pengungsian yang di tuju pun biasanya hanya mengedepankan untuk singgah berteduh, lalu untuk kebutuhan lain seperti sarana air bersih, sanitasi dan Mck biasanya menjadi problem setelah beberapa hari menempati titik pengungsian tersebut.

Rumah Zakat hadir untuk memberikan bantuan berupa sarana air bersih, tempat wudhu dan juga Mck untuk para Penyintas yang ada di lingkungan Petakeang Kelurahan Galung Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat.

Sahabat masih banyak lokasi pengungsian yang belum memiliki sumber air dan sanitasi air yang layak, Kami mengajak sahabat semua untuk patungan sedekah air dan sarana air untuk saudara – saudara kita yang berada di pengungsian. Donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan dalam bentuk air bersih ke wilayah terdampak bencana dan ke daerah – daerah rawan kekeringan di Indonesia.

Mari Alirkan Air bersih sumber kehidupan untuk saudara- saudara kita dengan ’SEDEKAH AIR”

“Suatu saat ada seorang laki-laki berjalan dan di tengah-tengah perjalanan ia mengalami kehausan. Kemudian, ia mendapatkan sebuah sumur, lalu turun ke dalamnya dan minum darinya. Lantas ia keluar dan tiba-tiba ada seekor anjing yang menjulur-julurkan lidahnya menjilat-jilat tanah karena kehausan, lalu orang itu berkata, ‘Anjing ini benar-benar telah kehausan seperti saya tadi juga kehausan.

Ia pun turun ke sumur lagi dan mengisi sepatunya dengan air sampai penuh. Kemudian, ia menggigit sepatunya sehingga ia naik ke atas dan memberi minum anjing itu. Allah pun memuji perbuatan orang itu dan mengampuni dosanya.”

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kalau kita menolong binatang juga mendapatkan pahala?” Beliau menjawab, “Menolong setiap makhluk yang mempunyai limpa yang segar itu mendatangkan pahala.”

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dikatakan, “Kemudian Allah memuji perbuatan orang itu dan memberi ampunan kepadanya serta memasukkannya ke dalam surga.” (Muttafaq ‘Alaih)

Untuk sahabat yang ingin bersedekah Air silahkan  ikuti cara di bawah

1. Klik tombol “SEDEKAH SEKARANG”

2. Masukkan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran

4. Lakukan pembayaran


Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat.

Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).


KANTOR PUSAT

Jl. Turangga No. 33 Bandung
Call Center: 0804 100 1000
WA/SMS Center: 0815 7300 1555


PUSAT INFO

Telp: 022-731 7400
Fax: 022-733 2451
Email: [email protected]

Open chat
Silakan beritahu kami ada yang bisa dibantu? 🙂