LAKUKAN 4 LANGKAH INI JIKA BAYI DEMAM

bayi-demam-_130618154542-427Demam yang diidap bayi bisa dianggap menjadi sesuatu yang mencemaskan dan menakutkan. Terutama, bagi Anda para orang tua muda. Pakar dari Hackensack University Medical Center, New Jersey, Manny Alvarez mengatakan, demam pada bayi tidak selalu menjadi masalah besar. Namun, agar Anda tidak panik, ia membagikan empat langkah penanganan berikut dilansir Foxnews.

Periksa suhu tubuh bayi
Cek suhu tubuh bayi Anda dengan termometer di bagian tubuh yang berbeda. Jika suhunya lebih dari 38 derajat Celsius, segera bawa ke dokter. Jika demamnya masih terbilang ringan, Anda bisa melakukan perawatan di rumah.

Menjaga bayi terhidrasi
Ketika suhu tubuh bayi meninggi, mereka bisa mengalami dehidrasi dengan sangat cepat. Jaga agar ia tetap terhidrasi dengan memberikan ASI atau larutan elektrolit yang cocok untuk bayi.

Membuatnya tetap nyaman
Sangat penting untuk membuat bayi tetap nyaman dengan menjaga suhu di dalam ruangan pada tingkat normal. Jangan memakaikannya pakaian tebal atau selimut dan pastikan popoknya tidak basah.

Konsultasi dengan dokter soal obat
Sebelum memberikan obat apa pun pada bayi Anda, konsultasikan dengan dokter soal jenis dan dosisnya. Acetaminophen atau ibuprofen dapat membantu menurunkan suhu tinggi, tapi Anda perlu tahu bahwa pemberian aspirin pada bayi telah dikaitkan dengan sindrom Reye. Hindari penyakit langka yang menyerang otak dan hati itu dengan selalu mengonfirmasi pemberian obat pada dokter Anda.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi