LAKUKAN INI SAAT MAAG KAMBUH

7-Tips-Elak-GastrikSaat maag kambuh, untuk beberapa orang ini bisa sangat mengganggu dan menyakitkan. Nyeri lambung, mual, tidak nafsu makan, bahkan sampai muntah. Sebaiknya, saat maag kambuh jangan disepelekan, karena bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah, seperti lambung kronis dan kanker lambung.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat maag kambuh adalah:

1. Posisikan bantal lebih tinggi untuk menjaga isi perut (menahan katup yang memisahkan kerongkongan dan tenggorokan).

2. Makan dalam porsi kecil, karena semakin besar porsi makan, semakin tinggi tekanan dalam perut yang membuat sakit maag semakin menjadi-jadi.

3. Hindari menu junk food/fast food karena makanan cepat saji mengandung lemak tinggi yang bisa memicu penyakit maag semakin parah.

4. Sebaiknya tidak berbaring 2-3 jam setelah makan, agar lambung bisa mencerna makanan dengan baik.

5. Hindari minum jus jeruk, tomat, makanan berlemak, atau makanan pedas karena menu tersebut bisa memicu maag.

6. Beberapa makanan yang disarankan saat maag kambuh adalah makanan lunak, seperti bubur ayam, tetapi jangan pake sate jeroannya, karena susah dicerna. Bisa juga mencoba kentang rebus, brokoli, buah-buahan, seperti pisang, melon, pepaya atau buah yang bisa menyeimbangkan pH lambung yang sedang turun.

7. Rajin-rajinlah makan sayur dan buah-buahan saat makan sehari-hari, boleh juga minum susu tetapi cari yang kandungan lemaknya rendah, seperti susu kambing.

Seringnya, maag kambuh karena telat makan atau pola hidup yang memang tidak sehat. So, agar maag nggak sering-sering kambuh harus memelihara pola hidup sehat.

Sumber: aanida-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi