LANSIA DI DESA PACAREJO SEMANGAT BELAJAR MEMBACA QURAN

GUNUNGKIDUL. Rabu, (03/01) tidak ada kata terlambat. Selagi memiliki kemauan, umur yang tua tidak jadi halangan. Inilah gambaran majelis semakan di Masjid Baiturrahman Dusun Jetis Kulon, Desa Pacarejo.

Kelompok belajar baca Quran dengan metode semakan rata-rata berusia lebih dari 65 tahun. Walaupun usianya sudah sudah lanjut. Semangat belajar mereka begitu luar biasa.

Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, Ratno Sungkowo memimpin pelaksanakan kegiatan semakan. Bapak dan Ibu sekalian, belajar membenarkan bacaan Al-Quran sangat penting, salah satunya untuk memperbaiki kualitas Ibadah shalat. Belajar, lebih-lebih belajar ilmu agama tidak mengenal batas usia. Menuntut ilmu itu berhentinya sampai kita sudah berada di liang lahat atau kuburan,” terangnya.

Kegiatan belajar baca Al-Quran kelompok lansia ini diinisiasi oleh ketua takmir yang juga merangkap kepala dusun/dukuh Jetis Kulon, Bapak Aswandi. Bapak Aswadi sangat prihatin karena di masjidnya tidak ada kegiatan pembelajaran baca Al-Quran. Sedangkan kondisi kebanyakan jamaah belum bisa membaca Alquran dengan benar.

Berawal dari seringnya Mas Ratno memposting kegiatan di grup WA Rumah Zakat Pacarejo tentang kegiatan Al Quran di Mushola Al Maun Jetis Wetan dan Masjid Al Muttaqin Jetis Kulon, kemudian Bapak Aswandi tertarik untuk mengadakan kegiatan serupa di masjidnya.

Pada pertemuan yang pertama, jumlah jamaah yang mengikuti kegiatan semakan sebanyak 16 orang.

“Alhamdulilllah ya bapak ibu, coba malam ini kita fokuskan mengingat huruf Idzharnya dan nun ditasydid yang harus ditahan ya. Insya Allah pekan depan kalau dikasih umur panjang kita belajar lagi,” pungkasnya.

Newsroom/Kuna
Gunungkidul

Tags :
Konfirmasi Donasi