LANSIA DI KEDIRI PELAJARI SENAM KAKI

LANSIA DI KEDIRI PELAJARI SENAM KAKIKEDIRI. Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia yang jatuh pada tanggal 29 Mei mendatang, Rumah Zakat menggelar kegiatan Ramah Lansia di Dusun Kunir, Desa Bulupasar, Kec. Pagu, Kota Kediri.

Kegiatan tersebut diisi dengan Posyandu Lansia dan dilanjutkan dengan olahraga senam kaki. Kegiatan dimulai dengan pendaftaran, setelah itu para peserta bisa mengecek kesehatannya sesuai dengan yang mereka inginkan, seperti timbang berat badan, cek tekanan darah dan cek metabolik.

Usai pelaksanaan Posyandu, para lansia diajak untuk melakukan senam kaki. Setiap lansia dipersilakan untuk duduk di sebuah kursi dan dibawah kaki mereka, kemudian ditempatkan selembar kertas koran. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Beni, Public Health Rumah Zakat Kediri, para lansia diajak untuk membuat sebuah bola dari Koran menggunakan kaki mereka.

“Jika olahraga ini sering dilakukan, tentu akan berdampak posotif bagi kesehatan. Namun terkadang olahraga sederhana ini sedikit terlupakan sehingga sulit untuk melatih kelincahan kaki para lansia,” ungkap Beni.

Ia juga menuturkan bahwa Dusun Kunir dipilih sebagai lokasi Ramah Lansia kali karena jumlah lansia di dusun tersebut terbilang banyak. Terbukti dengan jumlah peserta yang mencapai 90 lansia.

“Nenek senang sekali tadi bisa belajar senam kaki, walaupun susah gerakannya tapi menyenangkan. Selain itu tadi ada periksa kesehatan juga. Nenek jadi lebih peduli pada kesehatan seperti asam urat dan  kolestrol tubuh,” ujar Nek Lasmi (60), lansia Dusun Kunir.

Dian Ekawati

Kediri

 

Tags :
Konfirmasi Donasi