LATIHAN KETERTIBAN DI SD JUARA JAKUT

JAKARTA. Hari keempat bersekolah di SD Juara Jakarta utara pada Kamis (20/07) masih berisi agenda utama yakni MOS untuk siswa baru. Hari ini MOS diisi dengan latihan baris-berbaris yang dipandu oleh wali kelas masing-masing.

Kegiatan baris berbaris dimulai pada pukul.08.00 di halaman sekolah. Mulanya para wali kelas memberikan instruksi kepada anak-anak untuk berbaris rapi berkelompok yang masing-masing kelompoknya terdiri dari 2 atau 3 Banjar.

Siswa mengikuti setiap intruksi dengan antusias. Untuk anak-anak yang sebelumnya pernah mengenyam pendidikan usia dini semacam PAUD atau TK tentu sudah mengenal kegiatan baris berbaris, hanya tinggal dikembangkan saja teknik dasarnya, sementara untuk anak-anak yang baru saja merasakan “bangku sekolahan” baris berbaris menjadi pengalaman yang asing bagi mereka. Tapi wali kelas dapat mengatasi perbedaan kemampuan tersebut, baris berbaris tetap berjalan tanpa hambatan yang berarti dan menyenangkan untuk Laskar Imut.

Selama 2 jam pelajaran atau 70 menit usai murid-murid pun kembali memasuki ruang kelas untuk belajar menyusun tata tertib kelas.

“Sebenarnya anak-anak mungkin belum mengerti betapa pentingnya hikmah dari kegiatan baris berbaris ini, tidak tepat juga jika diterangkan maknanya di hadapan mereka dengan panjang lebar, padahal baris berbaris sangat identik sebagai pelatihan fisik agar membentuk sikap tubuh yang kokoh dan tegap, selain itu karena dilakukan berkelompok juga bisa menciptakan rasa persatuan antar siswa, dan yang tak kalah penting adalah penanaman sikap disiplin kepada anak-anak sejak awal kehidupannya.” Tutur salah seorang wali kelas.

“Semoga laskar muda ini menjadi pasukan akademik yang tidak hanya cerdas intelektualnya tapi juga spiritual, emosional dan mampu menjalani tantangan kehidupan yang terjadi dalam masa pertumbuhan mereka.” Lanjutnya.

 

Newsroom/Arif
Jakarta

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi