LAUNCHING KELOMPOK USAHA BERSAMA KRIPIK SINGKONG OVEN DI DESA KALIGELANG

SEMARANG – KALIGELANG. Senin (24/07), Eni (24 th), Erwin(27 th) dan Ngatmi (20th), mereka adalah ibu-ibu kelompok usaha bersama (KUB) binaan Rumah Zakat yang tengah berkreasi membuat olahan kripik singkong oven. di desa berdaya Kaligelang, Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Ibu Eni adalah seorang janda, bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan sudah dua tahun ditinggal suami karena kecelakaan kerja. Ibu Eni memiliki dua orang anak yang masih kecil, usia meraka saat ini masih di kelas 2 SD dan pra TK.

Sementara itu, Ibu Erwin yang saat ini mengidap diabet akut tetap punya semangat untuk hidup dengan berjualan keliling di kampungnya. Dengan pantauan bidan, saat ini tengah mengandung dengan usia kehamilan yang masih 5 bulan. Sebelum kehamilannya saat ini, beberapa bulan yang lalu Ibu Erwin mengalami keguguran karena over guladarah.

Selanjutnya adalah Ibu Ngatmi, ibu muda ini dikarunia dua orang anak yang masih duduk di kelas 2 SD dan pra sekolah. Sehari-hari Ibu Ngatmi membuat kripik singkong goreng manis pedas.

Kelompok usah bersama ini diharapkan dapat menjadi stimulan untuk inovasi kripik singkong, sekaligus sebagai pelopor UMKM kripik singkong oven yang bisa bersaing di pasaran. Meski baru menggandeng 3 orang namun diharapkan KUB binaan Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat ini dapat mengangkat banyak tenaga kerja kedepannya.

“Harapannya kehadiran Rumah Zakat bisa mendorong UMKM di Desa Berdaya Kaligelang untuk lebih profesional dan bangkit kembali.” Ujar Roschiha Rachmawati, Fasilitator Desa Berdaya di Desa Berdaya Rumah Zakat.

Newsroom/kuna
Kaligelang

 

Tags :
Konfirmasi Donasi