LAYANAN KESEHATAN UNTUK KORBAN TERDAMPAK GEMPA DAN TSUNAMI PALU – DONGGALA

PALU. (02/10) Di masa tanggap bencana Gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu, Sulawesi Tengah Rumah Zakat mengerahkan tim untuk melakukan berbagai aksi Peduli Bencana Mulai dari evakuasi, pendirian dapur umum, pengiriman logistik hingga tenaga medis.

Dokter Hayyatunnufus Alkaf atau sering di sapa dokter Aya tergabung dalam tim Rumah Zakat untuk memberikan penanganan medis bagi korban terdampak.

“Kita turun kepengungsian, kita melihat pengungsi yang membutuhkan penanganan medis”. Ungkap Dokter Aya,sambil mengobati pasien.

Sudah tiga hari dokter Aya memberikan tindakan medis kepada para pengungsi atau korban gempa dan tsunami palu. Kali ini Dokter Aya memberikan tindakan medis di kecamatan Tatanga, Kota Palu.

“Sudah tiga hari kita melakukan tindakan medis, kita mulai dari sabtu kemarin”. Ungkap dokter aya.

Penyakit yang diderita para pengungsi sangat bervariatif, mulai dari demam, diare, hingga darah tinggi.

“Awalnya, kebanyakan kita melayani pengungsi yang terkena luka ringan, karena banyak pengungsi yang kena pecahan kaca, dan tertusuk paku”. Tutur Dokter Aya.

Untuk persediaan obat, tidak semua jenis obat ia sediakan, namun ia menjamin dapat menutupi kebutuhan obat yang dibutuhkan oleh para pengungsi.

“Tidak semua obat kita punya, tapi kita menjamin bisa mebutupi kebutuhan para pengungsi”. Ujar dokter cantik tersebut.

Layanan Kesehatan membantu kebutuhan atau mengobati penyakit yang diderita oleh para pengungsi pasca gempa dan tsunami terjadi.

“Kita berterimakasih kepada Rumah Zakat yang telah membantu di bidang kesehatan”. Ungkap Abdullah, salah satu pengungsi di kecamatan tatanga.

Selain tenaga medis, warga pun berharap ada bantuan lain seperti sembako, air bersih, dan kebutuhan lainnya. “Kedepannya,mudah-mudah kita dapat bantuan berupa kebutuhan sembako,air bersih dan
kebutuhan pangan lainnya”. Ujar Abdullah.

Newsroom
Candra Kurnia / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi