LAYANAN KESEHATAN UNTUK WARGA TERDAMPAK GEMPA LOMBOK

LOMBOK. “Daerah kami seperti terlupakan oleh trending topik hancur nya Lombok Utara, sehingga bantuan hanya melewati kawasan desa ini, jangankan untuk memberi bantuan, singgah pun tidak,” ujar Amir, Kepala Dusun Medas, Wagon Desa Kec. Gunung Sari, Lombok Barat.

Dusun Medas adalah salah satu wilayah yang terdampak oleh gempa namun terlupakan oleh perhatian khalayak ramai. Di desa ini belum ada bantuan pangan dan logistik baik dari pemda maupun lembaga lain. Warga pun terpaksa mengungsi di lahan terbuka dengan mendirikan tenda swadaya dari terpal milik mereka sendiri dengan segala keterbatasan.

Tim Medis Rumah Zakat yang terdiri dari 5 orang, 1 diantaranya dari tenaga medis Angkatan Darat Nusa Tenggara Barat pada Selasa (07/08) langsung mendatangi lokasi untuk memberikan pelayanan medis kepada 110 pasien, banyak warga mengeluhkan nyeri badan, hal ini dikarenakan kondisi pengungsian yang sangat tidak layak.

“Hanya 1 terpal sebagai atap, dan alas tidur seadanya. Tidak ada terpal pengganti dinding, ini sangat tidak layak apalagi banyak balita dan bayi yang ikut mengungsi” ujar Nurmansyah, Relawan Rumah Zakat

Di desa yang di huni oleh 600 KK ini , tercatat 22 orang meninggal serta 120 rumah rusak berat, sementara itu warga sangat membutuhkan bantuan, terutama tenda dan pangan serta kebutuhan logistik.

“Alhamdulilah, Rumah Zakat menjadi lembaga pertama yang hadir untuk memberikan palayanan medis untuk pengungsi disini, Insya Allah dalam waktu dekat kita akan segera buka layanan dapur umum disini,” tambah Nurman

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi