LDKO RELAWAN YOGYAKARTA

YOGYAKARTA. Sabagai bagian dari proses regenerasi dalam tubuh organisasi, Relawan Rumah Zakat cabang Yogyakarta pada Sabtu dan Minggu (1-2/10) mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO) Relawan Angkatan XII. Acara yang diselenggarakan di Youth Center Sleman ini diharapkan melahirkan pemimpin-pemimpin tangguh dari organisasi relawan Rumah Zakat.

Bertemakan “Membentuk Karakter Pemimpin yang Mandiri, Profesional dan Amanah, LDKO ini diikuti oleh 15 relawan Yogyakarta. Dihari pertama, relawan angkatan XII yang akan lebih aktif dalam mensupport program-program Rumah Zakat ini mendapatkan materi manajemen organisasi, motivasi beramal, pengenalan struktur Rumah Zakat, diskusi manajemen organiasasi, dan leadership kemandirian. Pelibatan donatur Rumah Zakat Yogyakarta Arief Rahman dalam pemaparan materi motivasi beramal menjadi warna tersendiri bagi relawan dan donatur yang mendengarkan materi tersebut. Seperti yang dikutip dari Branch Manager Rumah Zakat cabang Yogyakarta Listanto yang menyatakan dengan kehadiran Arief Rahman diharapkan memberikan motivasi lebih bagi relawan untuk berjuang di Rumah Zakat.

Hari kedua, para relawan ini dibekali materi tentang community development oleh salah satu senior relawan Rumah Zakat cabang Yogyakarta, Fajarwaty Kusumawardhani, S.Sos.MPA, dilanjutkan dengan manajemen event yang disajikan oleh drg. Slamet Tjahyadi, Zahron Abdurrauf, S.Pd dan Marliyanti, M.Psi. Kesiapan menghadapi konflik dalam tubuh organisasi pun disajikan menarik oleh Eka Damayanti yang memberikan materi manajemen konflik organisasi.

Materi terakhir berupa muhasabah yang dipandu Shalina Nur Hanna yang kembali mengajak peserta dan panitia yang hadir kembali memurnikan niat dalam menjalankan aktivitas sebagai relawan Rumah Zakat. Teguh, yang menjadi peserta terbaik putra dalam LDKO tersebut menyatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmunya baik untuk menjadi relawan dan kehidupannya dimasa yang akan datang. Tak hanya itu, Noni yang menjadi peserta terbaik putri mengatakan bahwa ajang LDKO sekaligus sebagai ajang reuni relawan. “Ada beberapa relawan yang setelah diksar kurang aktif, jadi bisa berkumpul lagi disini,” ujar Noni semangat. ***

Newsroom/Muhammad Zahron
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi