LEADERSHIP

Leadership atau kepemimpinan adalah sebuah sikap yang terlahir dari talenta dan bisa pula hasil dari sebuah pembelajaran. pemimpin adalah orang sering dianggap sebagai figur dan tauladan bawahannya, salah-salah memimpin akan memberikan warna yang berdampak sangat besar sekali terhadap yang dipimpinnya. Menjadi seorang pemimpin tidak cukup hanya memiliki pengalaman juga tidak cukup karena memiliki skill yang baik, akan tetapi memerlukan faktor lain yang dapat menunjang seorang pemimpin.

Leadership terbangun atas dua hal yaitu RESPECT dan TRUST, Respect adalah rasa hormat yang mana hal ini terbentuk karena dua hal pula yaitu Feeling (perasaan) dan Need (kebutuhan). Feeling adalah kepekaan seseorang terhadap perasaan orang lain sehingga mampu bersimpati ataupun berempati, sementara need adalah mengerti akan kebutuhan orang lain pada posisi dan waktu yang tepat. dengan demikian ketika seseorang mampu merasakan dan mengerti kebutuhan orang lain, respect tidak dapat diminta akan tetapi akan datang dengan sendirinya. Trust adalah kepercayaan yang tidak bisa timbul karena pemaksaan, akan tetapi pengalaman yang dirasakan oleh seseorang yang akan menimbulkan kepercayaan.

Kepercayaan juga dibangun oleh dua hal pula yaitu Knowledge dan Skill, Knowledge atau ilmu yang harus dikuasai atau dimiliki oleh seorang pemimpin haruslah mampu memjawab apa yang menjadi pertanyaan dari orang lain, ketika seseorang bertanya kepada pemimpinnya dan pemimpinnya mampu menjelaskan dengan baik dan benar maka orang tersebut akan semakin percaya karena keilmuannya, akan tetapi jika setiap ditanya dan selalu menjawab tidak tahu atau selalu menghindar maka ketikpercayaanlah yang akan tumbuh. Skill adalah ketrampilan, ilmu tanpa ditunjang dengan keahlian dalam hal teknis tidak akan membuahkan hasill yang maksimal karena hanya akan terbentuk opini “Not Action,Talking only”, begitupun sebaliknya secara teknis handal akan tetapi kurang di ilmunya tidak akan menghasilkan yang maksimal pula. Karenanya seorang pemimpin haruslah mampu secara keilmuannya juga secara teknis di lapangannya.

Dalam diri Rasulullahlah kita bisa mencontoh seorang pemimpin yang memiliki kharisma, disegani karena kepeduliannya terhadap kebutuhan umat, peka perasaanya dan memiliki keilmuan yang mampu memberikan cahaya dan tindak tanduknya yang bisa dicontoh sebagai uswatun khasanah, dialah seorang pemimpin besar, Allohu Akbar! Kita sebagai umatnya mulailah dengan belajar bagaimana menjadi pemimpin yang dibesarkan oleh Respect dan Trust, mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadikan bahan cerminan sudah sampai dimanakah kita.#

Tags :
Konfirmasi Donasi