LEMAK YANG WAJIB DIKONSUMSI

jual-kacang-mede-goreng

Seperti yang sudah kami jabarkan pada artikel terdahulu, tidak semua lemak jahat dan harus Anda hindari. Anda memang harus menghindari berbagai lemak jahat dalam berbagai produk lezat dengan alasan kesehatan. Tetapi untuk makanan mengandung lemak dalam artikel kali ini, sebaiknya Anda konsumsi dengan rutin karena baik untuk kesehatan Anda.

Berdasarkan data dari Reverse Diabetes inilah beberapa produk makanan yang mengandung lemak dan wajib menjadi kesukaan Anda sehari-hari:

1. Alpukat

Satu buah alpukat mengandung lemak sebanyak jika Anda memesan double cheeseburger. Tetapi, lemak yang ada pada alpukat adalah lemak baik (monounsaturated fat). Kebaikan lemak yang ada pada alpukat jika Anda memasukkannya sebagai menu harian adalah menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL cholesterol) dan lemak jahat dalam darah Anda.

Banyak yang takut menikmati buah lezat yang satu ini karena bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal tidak demikian jika Anda langsung menikmati alpukat tanpa tambahan susu, gula atau krim manis lainnya.

2. Dark Chocolate

Coklat bisa bikin gemuk, benar jika Anda mengonsumsinya secara berlebih setiap hari. Tetapi tahukah Anda, separuh dari lemak yang terkandung dalam coklat batangan terdiri dari lemak baik (monounsaturated fat). Tetapi, hanya dark chocolate yang mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda dan menurunkan tekanan darah.

Pilih dark chocolate yang mengandung setidaknya 70% coklat. Jika Anda mengonsumsi coklat batangan yang mengandung banyak susu dan gula, itu sama saja dengan menumpuk kalori dan menyebabkan kegemukan.

3. Ikan Laut

Ikan hasil kekayaan laut adalah makanan terbaik karena mengandung banyak omega-3 fatty acids yang merupakan lemak terbaik untuk sistem kardiovaskular. Mengonsumsi ikan laut (tuna dan makarel) rutin selama dua minggu, dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung sebesar 36%. Jadi mengapa tidak memasukkan menu ikan laut dalam hidangan sehari-hari?

Ikan laut tidak akan kehilangan nutrisinya jika Anda mengolahnya dalam bentuk hidangan kukus atau memanggangnya dalam oven. Membuat ikan pepes tentu jauh lebih sehat dibanding menggoreng atau membakarnya.

4. Zaitun

Sebagai buah yang dapat menghasilkan minyak, tentu zaitun kaya akan lemak. Kabar baiknya, minyak yang dihasilkan oleh zaitun sangat kaya akan lemak baik (monounsaturated fats). Banyak penelitian yang membuktikan bahwa lemak baik yang dikandung dalam zaitun baik untuk menjaga kesehatan jantung. Minyak bunga kanola dan minyak kacang-kacangan juga memiliki efek yang sama baiknya.

Dengan nutrisi yang baik, Anda tidak perlu berlebihan saat mengonsumsinya, misalnya langsung meminum beberapa sendok minyak zaitun. Anda cukup mencampurkan minyak zaitun pada masakan Anda, misalnya untuk salad. Mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun juga disarankan.

5. Berbagai Kacang-Kacangan

Kacang tanah, kacang almond, kacang mede dan kacang-kacangan lain adalah salah satu hasil alam yang mengandung protein nabati dan mengandung lemak yang baik untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 21%. Sebuah penelitian mendapatkan hasil bahwa, menikmati kacang-kacangan setiap hari dapat menurunkan kadar terkena serangan jantung hingga 35%.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, akan lebih sehat jika Anda hanya mengonsumsi segenggam kacang-kacangan perhari. Cara pengolahan kacang juga berpengaruh, akan lebih baik jika kacang diolah dengan direbus atau dipanggang tanpa tambahan gula, garam dan MSG. Kacang panggang yang diberi tambahan bawang putih dan taburan daun rosemary tentunya lezat dan sehat.

 

Sumber: Vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi