LEMBAGA AMIL ZAKAT SOLUSI MASALAH EKONOMI

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Salah satu Lembaga Amil Zakat (LAZ) Rumah Zakat melalui CEO-nya Nur Efendi menyatakan bahwa peran Lemba Amil Zakat harus difasilitasi agar masuk lebih leluasa dalaml persoalan-persoalan ekonomi bangsa. “Lembaga Amil Zakat yang jumlahnya sekitar 300 di Indonesia bisa banyak membantu persoalan kemiskinan, ketertinggalan pendidikan, pertolongan di daerah bencana dan kemandirian ekonomi rakyat,” tambah Nur Efendi di Bandung, Senin (30/3) lalu.

Sepanjang tahun 2014, RZ (Rumah Zakat) sendiri bersama para donatur telah membantu 2,3 juta penerima manfaat yang ada di Aceh hingga Papua melalui serangkaian program pemberdayaan lewat gerakan Berbagi Senyum Senyum Berbagi (BSSB). Adapun program pemberdayaan yang dijalankan meliputi aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan yang diimplementasikan di 519 wilayah binaan ICD (Integrated Community Development).

“Alhamdulillah tahun 2014 RZ mendapatkan kepercayaan dari para donatur baik itu perorangan, komunitas, dan juga korporat untuk mengelola dana-dana filantropi yang kemudian disalurkan melalui program-progran pemberdayaan. Hal ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus bekerja lebih profesional lagi di tahun ini,” ungkap Nur.

Di bidang pendidikan, RZ bersama donatur telah mendirikan 15 Sekolah Juara di 12 kota yang mendidik 1.882 siswa. Selain itu sebanyak 6.427 anak mendapatkan beasiswa untuk mendukung kegiatan belajar di sekolahnya. Sementara itu dalam bidang kesehatan sebanyak 7 Klinik Pratama RBG telah berdiri di 7 kota, dan 59 bidan mitra untuk membantu proses 1.407 persalinan, dan juga pengobatan masyarakat kurang mampu secara gratis. Sebanyak 22 mobil klinik pun telah melayani masyarakat melalui aksi siaga sehat gratis hingga ke daerah pelosok. Begitu pun dengan 59 ambulance gratis yang telah melalukan 1.938 pengantaran.

Adapun untuk bidang ekonomi, RZ telah membantu 986 orang melalui program bantuan usaha. “Namun kami tak hanya memberikan modal saja, tapi juga membimbing mereka agar dana yang sudah diberikan bisa dioptimalkan. Alhamdulillah sudah banyak penerima manfaat telah menjadi pengusaha mandiri,” kata Efendi.

Di bidang lingkungan, RZ bersama masyarakat menginisiasi kebun gizi (urban farming) di 10 kota, serta sarana air bersih (Water Well) di 11 titik. Kebun gizi merupakan program yang bertujuan untuk menyediakan pangan yang bergizi, sehat, dan organik dengan memanfaatkan lahan sempit di pekarangan rumah. Pada Maret 2014, Kebun Gizi meraih MDG Awards 2013.

Pada tahun 2014 pun RZ diamanahi para donatur untuk terjun membantu para korban bencana di 135 titik baik itu nasional maupun internasional. Bersama 2.070 relawan, RZ membantu mulai dari proses evakuasi hinga recovery. “Alhamdulillah kami pun bisa mengirimkan relawan dan juga bantuan untuk saudara-saudara kita di Palestina,” kata Efendi.

Sumber : http://gulalives.com/2015/04/02/lembaga-amil-zakat-solusi-masalah-ekonomi/

Tags :
Konfirmasi Donasi