LESTARIKAN BUDAYA, SD JUARA CILEGON JAJAL PERMAINAN TRADISIONAL

lestarikan-budaya-sd-juara-cilegon-jajal-permainan-tradisionalCILEGON. Permainan tradisional yang saat ini mulai dilupakan dan jarang sekali anak-anak yang tahu tentang macam-macam permainan tradisional. Untuk itu, SD Juara Cilegon memperkenalkan permainan tradisional kepada siswa, agar siswa mengenal permainan tradisional yang ada di Indonesia. Pada hari Selasa (20/09), guru SD Juara Cilegon mengajak siswa untuk bermain permainan tradisional yang bernama Gatrik.

Sebelum memulai permainan, siswa dibagi menjadi 4 kelompok, yakni 2 kelompok putra dan 2 kelompok putri. Kemudian siswa ditugaskan untuk mencari 2 batang pohon berukuran panjang dan pendek, dan 2 buah batu bata. Cara permainannya 2 buah bata dipasang sebagai pijakan batang gatrik yang pendek. Kemudian setiap ketua kelompok suit untuk menentukkan kelompok yang memukul dan kelompok yang menangkap. Kelompok yang menangkap harus menangkap batang gatrik yang dipukul oleh tim lawan.

Apabila tidak berhasil menangkapnya, maka kelompok yang memukul akan mendapatkan 1 point. Dan sebaliknya apabila kelompok yang menangkap berhasil menangkap batang gatrik yang pendeknya, maka kelompok yang menangkap yang akan mendapatkan point. Dari permainan ini dapat melatih fisik, ketangkasan, dan kerjasama siswa dalam kelompok.

“Permainan tradisional akhir-akhir ini memang jarang diketahui oleh anak-anak. Karena anak-anak lebih menyukai permainan yang ada di gadget orang tuanya. Melalui KBM ini mencoba untuk memperkenalkan permainan tradisional yang ada di Indonesia, agar permainan tradisional ini tidak punah begitu saja,” ungkap Mirnawati selaku wali kelas 2 SD Juara Cilegon.

Newsroom/Mirnawati
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi