LIBURAN TAK TERLUPAKAN

Asyiknya liburan apalagi berkemah? setelah satu tahun anak-anak bergelut dengan pelajaran disekolah, saat itulah mereka bisa menikmati waktu luang mereka lebih banyak lagi. Tapi hari ini, mereka kembali masuk sekolah. Banyak cerita yang mereka dapatkan ketika menghabiskan masa liburannya. Anak Asuh binaan Rumah Zakat Indonesia mengikuti masa liburannya dengan mengikuti Supercamp. Acara ini digelar secara nasional di 7 kota. Mulai dari Aceh, Padang, Medan, Pekanbaru, Bandung, Jakarta dan Surabaya. Kemping kali ini menggunakan instruktur yang professional. Di Bandung, pengalaman berharga yang diperoleh anak-anak asuh Rumah Zakat didapatkan di Pusdiklat Bela Negara Cikole Lembang 8-10 Juli 2005.

Selama 3 hari mereka melakukan kegiatan bersama. Mulai dari kegiatan yang sifatnya pendidikan, sanpai hiburan. ?Supercamp kemarin sangat berkesan sekali bagi saya karena kegiatannya sangat padat dan tidak membuat saya menjadi bosan? ujar Siti Rohmah, peserta putri Supercamp di Bandung. Siswi kelas 3 SMP ini mengaku mendapatkan banyak sesuatu yang baru, seperti outbond dan tiap malam kita dibangunkan untuk tahajud bersama-sama. Keberanian anak-anak salah satunya ditumbuhkan melalui outbond. ?setelah ikut supercamp ini, saya jadi lebih berani,? tambah siti diikuti tawa renyahnya.

?Materi-materi yang diberikan sangat bagus, apalagi pas sabtu malam semua peserta mendapatkan meteri tentang Ilmu Pengetahuan Alam. Materinya langsung praktek, kita jadi bisa tahu apa itu menyublim, energi dan gaya.? papar Siti panjang lebar.

selain ilmu pengetahuan yang diberikan kepada anak-anak, ilmu keislamanpun didapatkan oleh para peserta supercamp, mereka disuruh menghafal surat-surat pendek dan disepertiga malam terakhir mereka dibangunkan untuk tahajud berjamaah. ?pokoknya liburan sekarang ini betul-betul berkesan bagi saya? tambah siti.

Acara supercamp ini mendapatkan respons yang positif dimata para orang tua, ?Alhamdulillah anak saia bisa mendapatkan kesempatan mengikuti liburan yang diadakan oleh Rumah Zakat, setelah ikut supercamp ini anak saya banyak mengalami perubahan? tutur Ibu Eti Sugiarti salah satu orang tua peserta. ?mudah-mudahan setelah mengikuti acara supercamp ini anak saya bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya? papar Ibu Eti

Kegiatan rutin ini juga banyak melibatkan pihak-pihak pendukung lainnya yang cukup banyak. Mulai dari panitia yang kali ini dipegan oleh Divisi Relawan sampai para donatur. Kebersamaan diantara semua kalangan tampak jelas. Semua menikmati sajian-sajian acara yang disuguhkan oleh panitia. Tak jarang suasana berubah cepat, dari keceriaan suasana outbond menjadi kesyahduan dalam dzikir dan do?a dalam acara tahajud berjamaah.

Outbond training yang disuguhkan trainer pecinta alam cukup menguras keringat peserta supercamp. Mulai dari flying fox dan permainan jaring laba-laba. Keragu-raguan tampak tampak pada raut wajah sebagian peserta, tapi keragu-raguan itu hilang manakala mereka berada diatas ketinggian untuk meluncur menggunakan tali luncur. Keringat yang bercucuran tampaknya tidak menghalangi para peserta untuk mengikuti permainan selanjutnya. Pergantian permainan dari permainan yang satu ke permainan berikutnya sangat dinikmati oleh para peserta.

Akhirnya kegiatan supercamp anak asuh Rumah Zakat berakhir hari ahad, 10 Juli 2005. senyum puas tersungging dalam raut wajah kelelahan anak-anak. ?pokoknya liburan sekarang benar-benar mengasyikan? ujar siti berbiar-binar. Kegiatan ini tentunya tidak akan terlaksana tanpa dukungan berpagai pihak. Kami atas nama Rumah Zakat Indonesia mengucapkan banyak terimakasih buat Pikiran Rakyat, Ilalang Fotografi, Boogie, Rumah Makan Ampera, Askar dam Skaters yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini. *** im & ry

Tags :
Konfirmasi Donasi