LIMA MAKANAN YANG MENYEBABKAN KEMBUNG

aubergineSelama ini kita tahu bahwa kol, kembang kol, brokoli, ubi-ubian dapat menyebabkan perut kembung. Perasaan kembung ini sebenarnya normal, karena seringkali tidak memberi dampak buruk pada kesehatan. Namun tetap saja, perasaan kembung itu membuat tubuh tidak nyaman.

Selain makanan-makanan itu, ternyata masih ada beberapa makanan yang bisa membuat perut kembung. Jika Anda sedang bermasalah dengan kondisi kesehatan perut, ada baiknya menghindari dulu 5 makanan yang bisa membuat kembung ini, dilansir oleh en.amerikanki.com.

1. Bawang Putih
Hindari dulu makanan yang mengandung bawang putih dalam jumlah banyak. Bawang puting mengandung sedikit belerang yang dapat membantu tubuh mengeluarkan racun. Namun dalam kasus tertentu, zat ini dapat membuat perut menjadi kembung. Cara alami untuk mengatasi kembung akibat bawang putih adalah banyak minum air putih.

2. Kecambah
Kecambah ternyata juga bisa menyebabkan kembung. Karena terbuat dari kacang hijau atau kacang kedelai, kecambah masih mengandung protein yang bagi sebagian orang dapat menyebabkan kembung. Hindari dulu makanan ini sementara waktu.

3. Terong
Suka terong? Pasti enak makan terong goreng dan sambal pedas dengan nasi hangat. Namun hati-hati, terong juga dapat menyebabkan kembung dan rasa tak nyaman pada perut setelah mengonsumsinya. Jika Anda memang ‘alergi’ terong dan kembung setelah mengonsumsinya, sebaiknya hindari makanan ini.

4. Buah-Buahan (Terutama Yang Asam)
Rasa kembung seringkali dipicu oleh makanan yang rasanya asam. Berbagai buah-buahan segar hampir semua mengandung zat asam, maka pilihlah buah yang lebih aman untuk perut Anda, misalnya pisang atau pepaya.

5. Minuman Dingin
Dalam kondisi perut masih kosong, mengonsumsi minuman dingin atau es dapat membuat asam lambung lebih aktif, sehingga rasa kembung sering muncul. Karena itu bagi penderita maag, sebaiknya kurangi jumlah minuman dingin atau es yang dikonsumsi. Terlebih saat bulan puasa, sebaiknya berbuka dengan minuman manis yang hangat ketimbang es.

Semoga informasi ini bisa membuat perut Anda lebih nyaman dan membuat Anda bisa beraktivitas lebih tenang

Sumber: liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi