LIMA MANFAAT TELUR BAGI TUBUH

telur-mentah-_160728134953-235Mengonsumsi telur memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Di tengah perdebatan tentang apakah telur juga memiliki efek buruk, apakah putih telur lebih baik dari kuning, tidak ada yang menyangkal fakta bahwa telur mengandung banyak nutrisi.

Telur bahkan jarang ditemukan di diet modern. Berikut ini lima manfaat telur seperti dilansir Boldsky.

Penuh nutrisi

Tidak hanya mengandung banyak protein, telur menyimpan banyak nutrisi lain. Vitamin A, B complex, D, E, K, calcium, zinc, folat, selenium dan fosfor ada dalam telur. Bahkan, nutrisi bisa lebih banyak lagi didapat kalau telur dilengkapi dengan Omega-3.

Antioksidan

Antioksidan berfungsi sebagai pencegah kerusakan sel, terlebih pada mata. Telur mengandung dua antioksidan kuat, zeaxanthin dan lutein. Keduanya efektif mencegah katarak dan degenerasi makula. Telur juga bagus untuk mencegah gangguan yang kerap terjadi pada mata seiring bertambahnya usia.

Bagus untuk pertumbuhan tulang, rambut dan kuku

Vitamin D dalam telur berpotensi menghindari penyakit seperti osteoporosis. Berbagai vitamin dan mineral pada telur juga dapat menyembuhkan ketidakseimbangan biokimia dalam tubuh dan memberikan kesehatan rambut dan kuku.

Mengimbangi kolesterol

Telur memang memiliki kandungan kolesterol yang relatif tinggi namun cenderung aman untuk di konsumsi. Tetapi juga penting untuk dicatat bahwa kolesterol dalam telur tidak selalu menyebabkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Efek kolesterol telur akhirnya seimbang dengan jumlah kolesterol diproduksi oleh hati sehari-hari.

Diet

Banyaknya kandungan nutrisi dalam telur membuat Anda akan merasa lebih kenyang sehingga penumpukan kalori dalam tubuh bisa berkurang. Kalau sudah begitu pada akhirnya akan menurunkan berat badan.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi