LIMA PENGGANTI TEPUNG TERIGU YANG SEHAT DAN BERGIZI

tepung-teriguAnda suka mengonsumsi roti, cake, kue-kue, mie, pasta atau makanan lainnya yang terbuat dari tepung terigu? Hati-hati, karena makanan tersebut dibuat dari terigu yang mengandung zat reaktif bernama gluten. Apa itu gluten? Gluten merupakan satu protein yang mirip dengan lem, dimana fungsinya adalah menyatukan bulir-bulir gandum atau padi-padian tertentu. Gluten sangat berbahaya karena dapat melekat di dinding usus seperti lem. Seseorang yang mengalami sensitivitas gluten umumnya akan mengalami beberapa gejala, antara lain: perut kembung, perut begah, pilek, sakit kepala, asma, eksem, nyeri otot, gangguan pencernaan serius, serta masih banyak yang lainnya. Jika kondisi tersebut tidak segera diatasi, maka akan sebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh, diare, penurunan berat badan, hingga beberapa gangguan kesehatan serius, seperti: autisme, ADHD, lupus.

Lalu bagaimana solusinya? Tentu saja harus mengganti tepung terigu dengan tepung yang non gluten. Di sini kita akan membagikan beberapa jenis tepung pengganti tepung terigu yang lebih sehat.

Soy Flour (tepung kedelai putih)
Tepung kedelai putih termasuk alternative tepung sehat pengganti terigu, karena bebas gluten dan tinggi protein. Meski memiliki tekstur agak kasar dari tepung terigu, namun tepung kedelai ini sangat cocok untuk bahan kue, cake dan beragam cemilan lainnya.

Tepung Almond
Tepung almond terbuat dari almond manis, baik yang sudah dikupas maupun masih berkulit ari. Tepung almond memiliki bulir-bulir yang agak kasar, meski begitu kandungan proteinnya sangat tinggi. Selain itu, tepung almond juga mengandung banyak nutrisi, dari mulai asam lemak omega6 da vitamin E yang sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Tepung Oat
Tepung oat dibuat dari biji oatmeal, sehingga tepung ini mengandung nutrisi tinggi, seperti protein dan lemak sehat namun rendah karbohidrat. Tepung oat memiliki tekstur yang kasar dan tebal namun memiliki rasa manis alami sehingga snagat cocok untuk bahan kue, dessert dan pasta.

Tepung beras merah
Tepung ini terbuat dari beras merah dan teksturnya hampir mirip dengan tepung terigu. Kelebihan dari tepung ini adalah mengandung banyak serat, vitamin B, zat besi, mangan, dan rendah kalori.

Tepung kelapa
Tepung kelapa ini dibuat dari bahan ampas kelapa yang digiling lalu dikeringkan. Dibandingkan tepung terigu, tepung kelapa jauh lebih sehat karena mengandung serat, protein dan karbohidrat yang mudah dicerna tubuh. Keistimewaan lainnya adalah tepung kelapa memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak berisiko menaikkan kadar gula darah.

Sumber: viva.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi