LIMBAH TERASI BISA HASILKAN LISTRIK

terasi_ilustrasi_rumah zakatSumber energi alternatif bisa berasal dari mana saja, termasuk dari limbah terasi. Penelitian yang dilakukan mahasiswa Departemen Biokimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) IPB, menemukan kalau limbah cair organik dari terasi dapat menghasilkan energi listrik. Penelitian yang dikoordinir Silvikasari itu, beranggotakan sejawatnya Heryani, Osy Yostia Utami, Qatrunnada, dan Haribowo, Silvika Sari.

Para mahasiswa itu melakukan penelitian tersebut dengan menggunakan limbah cair terasi yang diambil dari sebuah perusahaan terasi di Kabupaten Cirebon. Silvikasari mengatakan, pemanfaatan sumber energi alternatif menjadi solusi di masa mendatang dalam memenuhi kebutuhan energi.

“Salah satu energi alternatif yang mampu diproduksi dalam waktu yang relatif singkat adalah dengan memanfaatkan limbah cair organik dari terasi,” katanya.

Limbah cair terasi, kata dia, merupakan salah satu limbah organik yang diperoleh sebagai hasil samping pengolahan terasi. Salah satu jenis terasi yang sering diproduksi di Indonesia, terutama di Kabupaten Cirebon adalah terasi udang. Dikemukakannya bahwa limbah cair terasi itu masih mengandung nutrisi, seperti protein, karbohidrat, dan bahan-bahan lainnya, yang dapat dimanfaatkan bagi pertumbuhan mikroba. “Mikroba inilah yang kemudian akan dimanfaatkan untuk memproduksi energi listrik,” katanya.

Sumber : www.republika.co.id

Foto       : www.republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi