LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT DENGAN ADANYA BANK SAMPAH MITRA LESTARI

BANJARNEGARA. Imammudin, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat Somawangi, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah menginisiasi berdirinya Bank Sampah dengan nama “Mitra Lestari”. Bank Sampah ini terletak di Dukuh Kalirau, RT 01, RW 06 desa Somawangi Kec. Mandiraja Kab. Banjarnegara. Bank sampah telah berjalan sekitar 3 bulan dengan anggota tetap adalah Penerima Manfaat program Rumah Zakat.

Waktu pengumpulan Sampah dari anggota adalah setiap pertemuan masing-masing program, baik itu Senyum Juara, Senyum Mandiri dan Senyum Sehat, anggota kelompok wajib membawa sampah, kemudian ditimbang dan dicatat dalam buku.

Bank Sampah adalah suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong dan mengajka masyarakat untuk berperan serta aktif di dalamnya. Bank sampah akan menampung memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pengepul dalam jumlah tertentu setelah terkumpul sehingga anggota mendapat keuntungan secara ekonomi dari menabung sampah tersebut.

Bank sampah “Mitra Lestari” yang masih baru tervebtuk masih harus terus belajar dan berbenah dalam segalanya. Bank sampah pun mendapat respon dan apresiasi positif dari petugas Puskesmas 1 Mandiraja yang berjanji untuk berkerjasama jika ada program yang bisa disinergikan.

“Diharapkan pula, kelompok-kelompok member Bank Sampah yang dibina oleh Relawan Isnpirasi Rumah Zakat pada saatnya akan bisa mandiri dan terus eksis berjalan,” ungkap Imam.

Newsroom/Kuna
Banjarnegara

Tags :
Konfirmasi Donasi