LOW COST IS LIKE “RELIGION”

SALAM PERUBAHAN

“Now Is The Time”

One key factor to its success is of course its cost-efficiency culture. Lowest cost is like a religion, as Tony said recently in an interview.That’s why he was not afraid at all confronting competitors with the cheapest possible cost…

“Salah satu kunci kesuksesannya adalah tentu saja budaya efisiensi. Biaya ter-rendah seperti sebuah “agama”, seperti yang dikatakan Toni Fernandes (CEO Air Asia) dalam sebuah wawancara. Itulah mengapa dia tidak takut terhadap seluruh kompetitor dengan kemungkinan harga yang paling rendah sekalipun…”

Air Asia merupakan fenomena dunia penerbangan, dengan tag line “Now Everybody Can Fly” dia membuat paradigma baru dalam dunia penerbangan. Satu hal yang membedakannya adalah harga tiket yang sangat murah. Harga tiket yang sangat murah ini di sebabkan oleh efisiensi yang sangat baik dengan paradigma terbalik, berfikir diluar kebiasaan, sebagai contoh efisiensi tersebut :

1. Melatih pilot untuk melakukan landing (pendaratan) dengan smooth landing sehingga memperlama usia ban

2. Melaksanakan on time performance sehingga pesawat tidak lama menunggu di bAndara yang membuat landing fee berkurang

3. Membuat tiket menjadi hanya selembar kertas dan dapat registrasi online, yang membuat penghematan biaya alat tulis kantor dan biaya makelar.

Berkaca pada Air Asia, kita pun sebagai lembaga amil zakat yang unggul dan terpercaya perlu untuk melakukan efisiensi di seluruh bagian, sehingga visi kita dapat kita capai yaitu sebagai lembaga amil zakat yang unggul. Unggul karena kita memiliki komfetitifness di bandingkan dengan kompetitor.

Dalam amanat dewan pembina pada rakornas Desember 2005 disampaikan perlu ada efisiensi dalam penggunaan dana dan SDM. Untuk efisiensi ada 4 pertanyaan yang harus di jawab sebelum mengeluarkan dana :

1. Faktor apa saja yang selama ini oleh lembaga di anggap sudah semestinya tetapi sebenarnya bisa di eliminasi atau di hilangkan

2. Faktor apa saja yang dapat dikurangi sampai jauh di bawah stAndar lembaga

3. Faktor apa saja, kualitas yang harus di tingkatkan sampai jauh di atas stAndar lembaga

4. Faktor apa saja yang harus di ciptakan yang sebanarnya tidak pernah di tawarkan kompetitor lain

Now Is The Time

Sekaranglah saatnya bagi kita untuk terus memperbaiki tata kelola lembaga kita sehingga kita bisa keluar sebagai pemenang dalan kompetisi ini karena keunggulan kita dalam mengelola resources yang ada baik itu dana maupun SDM secara efektif dan efisien.

SALAM PERUBAHAN

-VDE-

Tags :
Konfirmasi Donasi