MAKSIMALKAN RAMADHAN KITA

Oleh : Rachmat Ari Kusumanto

Menjelang bulan Suci Ramadhan, Rasulullah SAW memberikan sambutannya. “Wahai segenap manusia, telah datang kepada kalian bulan yang agung lagi penuh berkah yang di dalamnya terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Allah menjadikan puasa di siang harinya sebagai kewajiban, dan qiyam di malam harinya sebagai sunnah. Barangsiapa menunaikan ibadah yang difardukan, maka pekerjaan itu setara dengan orang mengerjakan 70 kewajiban.”

Bersua kembali dengan Ramadhan adalah nikmat Allah yang tak terhingga, lalu apakah kita akan menyia-nyiakan nikmat ini. Betapa agungnya Ramadhan hingga sebuah kerugian besar bagi kita yang terlena dengan dunia dan menyia-nyiakan Ramadhan?

Lihat saja kejadian gempa yang melanda saudara-saudara kita di hampir seluruh Jawa barat yang berpusat di Tasikmalaya yang memberikan kita sebuah pelajaran besar betapa Allah masih mengingatkan dan memberikan hikmah betapa kejadian itu mungkin adalah sepersejuta persen dari proses mahadahsyat itu memang akan terjadi yaitu kiamat dimana seluruh tata surya ini akan hancur.

Kini saatnya bergandengan tangan membantu saudara kita, karena apakah pernah terpikir di benak kita ada saudara seiman yang tidak bisa berbuka karena tidak ada makanan yang hendak dinikmati. Mereka tidak bisa menyegerakan berbuka karena seluruh harta bendanya hilang dan rusak karena bencana. Allah pasti mengganjar dengan pahala yang berlipat ganda, pahala Ramadhan dan pahala kita membantu saudara seiman kita.

Sehingga menjadi kewajiban kita untuk selalu membantu saudara kita yang tertimpa musibah terlebih di bulan mulia ini. Karena kami yakin kekuatan doa dan sujud mereka adalah doa mustajab bagi kita.***

Tags :
Konfirmasi Donasi