MALAS

Malas adalah suatu perasaan di mana seseorang akan enggan melakukan sesuatu karena dalam pikirannya sudah memiliki penilaian negatif atau tidak adanya keinginan untuk melakukan hal tersebut. Seorang yang malas bekerja, motivasinya terhadap pekerjaan tersebut sangat rendah.  Ini lantaran sistem nilai yang ada dalam dirinya membuat dia berperilaku malas untuk melakukan pekerjaan itu disebabkan presepsi dalam dirinya yang negatif. Jadi, perilaku malas merupakan hasil suatu bentukan.

Menurut Dollard & Miller, psikolog asal AS, perilaku manusia terbentuk karena faktor ‘kebiasaan’. Jika seseorang terbiasa bersikap rajin dan bersemangat maka ia akan selalu rajin dan bersemangat, begitu juga sebaliknya.

Bagi seorang muslim belajar adalah kewajiban sepanjang hayat. Hidup tanpa belajar bagaikan raga tanpa jiwa. tapi seringkali kita malas belajar khususnya anak-anak sekolah. Padahal muslim tak boleh tertinggal karena malas.

Jika rasa malas ini terus dibiarkan, maka lambat laun akan semakin “kronis” dan berkarat. Akibatnya kita menjadi insan yang tidak produktif bahkan stag. Terlebih di era persaingan 4.0 yang sangat ketat menuntut kita untuk lebih kreatif dan inovatif.

Jika kita masih terbelenggu dengan sifat malas, maka siap-siap tertinggal bahkan dilindas oleh zaman. Tengoklah para ilmuwan muslim terdahulu, mereka bukan hanya kuat dari sisi keimanan dan ketaqwaan akan tetapi juga berprestasi dan menghasilkan segudang karya yang bermanfaat untuk umat.

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia