MANAGEMENT EVENT ORGANIZER UNTUK RELAWAN

YOGYAKARTA. Relawan Rumah Zakat Cabang Yogyakarta menyelenggarakan Kampus Relawan perdana di tahun 2011, Minggu (27/2). Acara yang diselenggarakan di lantai dua masjid Hidayatullah SD Juara Yogyakarta. Panitia menghadirkan materi dasar Management Event Organizer.

Kampus Relawan kali ini dihadiri oleh 25 relawan dari berbagai angkatan. Acara dimulai pukul 08.30 WIB dengan semangat dan meneriakkan salam relawan, “tetap semangat, memberi kontribusi, allahuakbar!” Materi Manajemen Even Organizer diisi oleh pemateri yang berpengalaman di dunia event organizer dalam ranah teori dan praktis, Listanto dan Muhammad Zahron.

Dalam materinya, duet pembiacara itu menyampaikan bahwa event organizer merupakan sekumpulan orang kreatif yang mengelola suatu acara atau event. Menurut Listanto, yang penting dari event organizer adalah kemampuan memback-up marketing, atau marketing concept yang sudah ada dari sebuah perusahaan. Zahron menambahkan event organizer pun mampu mengakses proyek pemerintah dan swasta jika syarat dan legalitas terpenuhi.Kreativitas dan ide segar disertai pembelajaran yang tak kenal henti adalah modal utama event organizer.

Keberhasilan mewujudkan event yang baik juga dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya anggota tim yang handal (tangguh, ulet, kreatif dan pembelajar), pertambahan jaringan, kerjasama dengan pihak lain karena semakin banyak pihak yang terlibat, simpul-simpul massa termasuk event organizer yang sudah senior, kedekatan dengan media massa agar semakin dikenal diranah publik dan mitra.

Listanto juga berpesan bahwa tanpa disadari, setiap minggunya relawan telah menjadi event organizer dengan terlibat sebagai Person In Charges (PIC) kegiatan community development di Empowering Centre atau pelaksanaan program Rumah Zakat lainnya. “Ini bisa menjadi sarana belajar rekan-rekan semua untuk bisa mengembangkan kreativitas dalam menggarap sebuah event,” ujar Listanto. Ia juga menekankan bahwa setelah event terlaksana, sangat penting untuk didokumentasikan dan dibuat laporannya denga sistematis sebagai laporan dan evaluasi.

Maulida, salahsatu relawan yang menjadi peserta mengungkapkan bahwa Kampus Relawan kali ini sangat menginspirasi untuk mengerjakan pemberdayaan dengan profesional. “Jadi lebih paham dengan alur kinerja lembaga,” ujarnya.***
Newsroom/Muhammad Zahron
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi