MANASIK HAJI DAN QURBAN DI SD JUARA BANDUNG

Senin (12/8), SD Juara Bandung kembali melaksanakan kegiatan manasik haji sekaligus Qurban. Disini terdapat 6 ekor kambing yang siap dijadikan qurban, salah satunya adalah milik peserta didik yang bersama-sama menabung sejak 1 bulan sebelumnya. Acara manasik haji ini diikuti oleh seluruh peserta didik dengan seorang guru sebagai pembimbingnya. Manasik ini dikemas sedemikian rupa sehingga menyeruapi aslinya. Mulai dari pembuatan paspor, naik pesawat yang dipandu oleh pramugari, dan tentunya seperangkat perlengkapan haji.

Sebelum memulai ritual manasik haji, peserta didik menyimak pemaparan dari dokter hewan mengenai hewan yang sehat dan layak dijadikan hewan qurban, yang pada kesempatan ini disampaikan oleh Dr. Kustini. Selain itu, peserta didik juga menyaksikan tayangan video tatacara ibadah haji dan menyaksikanĀ  penyembelihan hewan qurban. Selanjutnya mereka mulai ritual manasik haji sebagaimana mestinya. mulai dari Arafah untuk wukuf, Muzdalifah untuk mabit dan mengambil batu, Mina untuk melempar jumrah dan terakhir Makkah untuk sa’i, thawaf sampai Tahallul.

Sementara peserta didik melaksanakan ritual manasik haji yang kurang lebih selama 2 Jam. Para orang tua mengolah daging qurban sehingga bisa menjadi makanan yang siap dihidangkan untuk para jamaah haji SD Juara Bandung.

Alhamdulillah, tepat setelah sholat Dhuhur anak-anak bisa menikmati hidangan yang sedap seperti sate, galai, opor dan capcay yang dibuat oleh orang tua mereka. Peserta didik membuat antrian untuk mengambil hidangan khas Idul Adha kemudian makan bersama di selasar.

Setelah makan bersama, peserta didik dipandu oleh wali kelas melaksanakan pemaknaan kegiatan hari ini. Tak selesai sampai disitu, peserta didik bekerjasama untuk membersihkan kembali lingkungan sekolah hingga lingkungan sekolah kembali nyaman untuk digunakan belajar pada esok hari.

Newsroom

Lailatul Istikhomah | Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi