MANFAAT KULIT SEMANGKA YANG JARANG DIKETAHUI

Semangka seringkali menjadi buah favorit banyak orang. Entah itu dimakan langsung, dijadikan jus atau salad buah, kesegaran dari semangka mampu menyegarkan rasa dahaga.

Bagaimana dengan kulitnya? Kebanyakan orang tentu membuangnya karena menanggap tidak bermanfaat. Padahal, ternyata kulit semangka juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh.

Menurut Healthline, Kamis (30/7), bagian kulit semangka yang berwarna putih, bukan kulit luarnya, memiliki beberapa nutrisi penambah kesehatan yang cukup penting. Ini terutama asam amino yang disebut citrulline, yang telah terbukti meningkatkan pengiriman oksigen ke sel dan otot serta berpotensi membantu meningkatkan kinerja atletik. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa citrulline dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu mengurangi tekanan darah, terutama pada penderita hipertensi.

Di luar semua itu, kulit semangka juga kaya serat, yang merupakan nutrisi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu meningkatkan kondisi seperti sembelit dan gejala IBS.

Laman Watermelon.org menawarkan beberapa cara menarik dan sederhana untuk mengonsumsi kulit putih semangka, seperti dijadikan smoothie atau memasaknya menjadi tumisan lezat.

Selain itu, kulit semangka bisa dibuat selai atau bahkan ditambahkan ke sup hingga kari. Kulit semangka menawarkan rasa yang ringan dan manis, serta dapat menambah lezat makanan favorit.

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia