MANFAAT MINYAK ZAITUN UNTUK KULIT

Minyak zaitun berasal dari buah zaitun dan merupakan makanan pokok Mediterania. Minyak ini memiliki banyak manfaat nutrisi ketika dikonsumsi. Minyak zaitun juga sering dioleskan pada kulit dan rambut.

Dilansir Medical News Today, ada beberapa manfaat potensial dari minyak zaitun. Pertama, minyak zaitun dapat mencegah tanda penuaan dini pada kulit. Minyak zaitun bertindak sebagai antioksidan yang mencegah oksidasi.

Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas berpotensi merusak sel dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker. Ketika diterapkan pada kulit, antioksidan dapat mencegah penuaan dini.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menempatkan minyak zaitun pada kulit setelah paparan sinar matahari dapat melawan sel-sel penyebab kanker. Dalam studi tersebut, para ilmuwan mengoleskan minyak ke kulit tikus yang telah terkena sinar ultraviolet (UV) yang berpotensi berbahaya.

Pertumbuhan tumor secara signifikan lebih rendah pada tikus yang memiliki minyak zaitun di kulit mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak. Para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk memahami efek antioksidan minyak zaitun pada kulit manusia.

Kedua, minyak zaitun memiliki kandungan vitamin yakni vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Beberapa vitamin ini mungkin bermanfaat bagi kulit. Misalnya, orang telah menggunakan vitamin E sepanjang sejarah untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim.

Ketiga, minyak zaitun memiliki efek antibakteri. Minyak ini telah terbukti memiliki sifat antibakteri.

Namun, ada sangat sedikit studi tentang kemampuan minyak zaitun untuk mengendalikan bakteri pada kulit. Satu studi kecil melihat efek penggunaan minyak zaitun dan minyak kelapa pada bakteri Staphococcus aureus pada kulit.

Hasilnya menemukan bahwa kedua minyak menunjukkan sifat antibakteri. Tetapi, minyak kelapa murni lebih efektif dalam menghilangkan bakteri.

Meskipun demikian, minyak zaitun kadang-kadang dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit. Ini juga dapat meningkatkan penyembuhan pada orang dengan borok kaki yang disebabkan oleh diabetes tipe dua.

Keempat, efek pelembap. Minyak zaitun adalah pelembab alami populer yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. Namun, baru ada sedikit penelitian tentang efektivitasnya.

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi