MANFAAT SEHAT MANDI AIR DINGIN

Studi menunjukkan mandi air dingin merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengurangi nyeri otot, kelelahan, kerusakan otot, dan peradangan setelah latihan fisik. Bahkan, secara lebih luas terdapat manfaat dari hal ini, yang membuat Anda perlu mencoba di rumah.

Melansir prevention, Senin (20/7), mandi air dingin tidak sama dengan merendam diri dalam air es dan Anda tidak akan mendapatkan efek yang sama. Mandi air dingin, bahkan hanya dalam beberapa menit dapat mempengaruhi kinerja dan pemulihan tubuh.

Doug Casa, seorang Chief Executive Officer The Korey Stringer Institute, lembaga yang melakukan penelitian tentang pencegahan stroke mengatakan, mandi air dingin akan membuat orang-orang merasa lebih baik untuk memulai hari. Bahkan aktivitas sehari-hari yang melelahkan, secara khusus setelah olahraga, mandi air dingin menjadi hal yang menyenangkan karena memberi bantuan untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan.

“Mandi air dingin setelah berolahraga adalah ide yang bagus, karena semakin cepat Anda menurunkan suhu tubuh setelah beraktifitas, semakin baik Anda pulih,” ujar Casa.

Ketika berolahraga di bawah terik, darah Anda dibagi oleh kulit, otot, dan jantung. Casa mengatakan dengan menggunakan air untuk mendinginkan kulit Anda, tubuh Anda dapat mengirim kembali darah ke area-area penting seperti perut dan usus Anda, sehingga Anda dapat menangani hidrasi dan nutrisi dengan lebih baik. Dengan demikian, rasa letih akan berkurang di hari berikutnya.

Aaron Drogoszewski, co-pemilik studio ReCOVER di New York, Amerika Serikat (AS) mengatakan paparan air dingin menyebabkan vasokonstriksi, yakni kondisi ketika pembuluh darah menjadi lebih sempit. Hal ini juga terjadi bersama dengan jantung perlu bekerja lebih keras untuk melanjutkan aliran darah.

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia