MASUK NEW NORMAL, KUBE BINAAN RUMAH ZAKAT KEMBALI BERGELIAT

(Foto: Rumah Zakat)

KAB. BATU BARA, RUMAH ZAKAT – Semenjak diberlakukannya era New Normal, KUBE Jauzul mulai bergerak kembali dengan semangat baru. KUBE Jauzul Hind adalah salah satu bidang yang mengelola hasil laut berupa asinan dan kering. Terlebih ada donatur yang memberikan sampan baru sehingga KUBE semakin bersemangat.

Ini tentu menjadi nilai jual yang tinggi karena bahan yang dihasilkan tidak hanya dijual dalam beberaoa hari saja akan tetapi dapat dijual sampai 1 bulan lamanya.

Adapun untuk bahan baku, saat ini bisa dicari dan diolah sendiri. Sehingga penjualan dapat dilakukan dengan mekanisme sendiri mulai dari dijual ke pasar tradisional di tanjung tiram sampai menjualnya ke TPI daerah tanjung tiram, bahkan sudah ada yang memesan dari luar kota.

(Foto: Rumah Zakat)

Modal yang biasanya digunakan untuk membeli ikan, sekarang bisa digunakan untuk modal belanja untuk melaut. Dalam 1 minggu biasanya mereka akan melaut sebanyak 4 kali saja yang mana waktunya akan disesuaikan dengan kondisi alam dan juga keadaan perahu yang memang saat ini kondisi perahu tak terlalu sehat.

Dalam 4 hari tersebut, modal yang dibutuhkan mencapai 2.500.000, dan hasil yang didapati pun bisa dibilang variative.

Untuk pekan ini saja PM KUBE Jauzul Hind bisa menjual hasil tangkapannya sebesar Rp. 3.900.000, dan setelah dipotong modal kembali sudah bisa memberikan gaji kepada 5 orang PM lainnya dengan gaji disesuaikan dengan hasil tangkapan yang didapati 1 hari itu.

“Tentunya kami berharap kedepannya Rumah Zakat melalui KUBE Jauzul Hind bisa berkonstribusi untuk kelangsungan hidup kami para nelayan. Mulai dari penambahan sampan yang layak dan bisa juga menambah modal belanja, dikarenakan kami masih kekurangan dana, akan tetapi kami sangat bersyukur kepada donatur yang sudah memberik kami pinjam sampan ini bersama dengan rumah zakat yang juga turut berkonstribusi dalam menangani keuangan serta bisa tetap mengedukasi dan membimbing kami,” tutur Nurul yang membawa sampan ini.

Hasil tangkapan dari PM berupa udang kecepai, manis, dan swallow jumbo, teri, cumi cumi kecil, ikan sepoh yang sudah diasinkan dan dikeringkan. Terima kasih rumah zakat.

Newsroom

Hadi Yusup Saputra/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia