MEMASUKI KONDISI KEKERINGAN KRITIS, RZ SALURKAN AIR BERSIH UNTUK WARGA PATI

RZ LDKO CilegonPATI. Kekeringan yang terjadi di berbagai daerah di Kabupaten Pati dinilai sudah memasuki kondisi kritis. Hal ini disampaikan Ketua Serikat Petani Indonesia (SPI) Jawa Tengah Edi Sutrisno yang dikutip dari murianews.com. “Menurut pantauan saya, kondisi sawah saat ini di sejumlah daerah di Pati sudah masuk pada level darurat dan kritis. kondisi tanah pecah-pecah dan tak bisa ditanami,” ujarnya.

Kondisi tersebut makin diperparah dengan tidak adanya pasokan air bersih yang daat dikonsumsi warga dalam kesehariannya. Karenanya, RZ melaksanakan aksi Berbagi Air Kehidupan di desa pesagi, kecamatan Kayen, Kabupaten Pati sebanyak 21.000 liter air bersihpada hari Senin (07/09) kemarin.

Warga sangat antusias dengan program Berbagi Air Kehidupan dari RZ. Pasalnya, kondisi musim kemarau yang sangat panjang memaksa masyarakat untuk mengambil air yang sangat jauh, sehingga dengan bantuan ini masyarakat desa Pesagi merasa sangat terbantu.

Tidak hanya di desa Pesagi, Pada hari Jumat (04/09) lalu, RZ melalui Relawan Inspirasi Klaten telah mendistribusikan 30.000 Liter air bersih di Desa Tlogowatu dan Kendalsari yang berada di 700 mdpl dan
merupakan daerah di lereng Gunung
Merapi, Kecamatan Kemalang

Sebanyak 860 warga penerima manfaat di dua desa tersebut merasakan kebahagiaan dengan bantuan air bersih dari RZ. “Kekeringan yang melanda sejak bulan Februari 2015 ini sangat dirasakan dampaknya oleh masyarakat, karena selain harus membeli air warga pun harus menerima kenyataan gagal panen yang makin memparah kondisi Ekonomi Masyarakat.” tutur Rico Ayatul Yuza selau Kordinator Relawan Inspirasi.

Rico menambahkan, bahwa bantuan tersebut sedikitnya membuat warga dibeberapa desa di kabupaten Pati merasakan kebahagiaan atas air bersih dan kornet Superqurban yang disalurkan oleh RZ. “Semoga akan lebih banyak lagi donatur yang bersinergi untuk membantu mereka yang mengalami krisis air bersih,” pungkasnya.***

Newsroom/Diki Taufik
Pati

Tags :
Konfirmasi Donasi