MENANAMKAN MOTIVASI MEMBACA PADA SISWA JUARA

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Pepatah mengatakan “Buku adalah Sumber Ilmu”. Ada juga pepatah yang mengatakan “Perpustakaan adalah sumber kehidupan.”

Outing ke Perpustakaan Wilayah Soeman HS Provinsi Riau dilaksanakan lagi oleh SD Juara Pekanbaru. Outing diikuti oleh 21 orang Peserta Didik kelas 6 di dampingi oleh Guru Kelas Ibu Fitriyah Misdian dan Bapak Syahrul Barriyah.

Peserta Didik sangat antusias saat Guru Kelasnya mengabarkan akan belajar di luar (outing) ke Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau. Di sela belajar Al-Quran (pelajaran pagi sebelum berangkat Outing), Rindi begitu panggilan akrab siswa ini mengatakan kepada guru Kelompok Al-Qurannya,“Saya lupa bawa kartu perpustakaannya Buk,kan bisa pinjam buku nanti untuk baca baca dirumah.”

Sebelum berangkat seluruh siswa kelas 6 diberi pengarahan oleh Guru Kelas. Dengan pengarahan ini diharapkan Peserta Didik Kelas 6 dapat tertib selama mengikuti kegiatan Outing di Perpustakaan Soeman HS sehingga tujuan Outing bisa tercapai.

Outing ini bertujuan untuk menanamkan minat membaca para Peserta Didik SD Juara dan menggali lebih banyak ilmu dari buku yang mereka baca, dengan membaca diharapkan wawasan mereka semakin bertambah luas dan banyak ilmu yang mereka dapatkan, sehingga mereka mampu bersaing di dunia pendidikan dengan kemampuan intelektual dan kemajuan teknologi saat ini.

Peserta Didik dengan penuh semangat bersiap berangkat menuju Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau, mereka berjalan kaki menuju Halte Bus Trans Metro Pekanbaru yang jaraknya sekitar 10 menit, raut wajah mereka penuh dengan keceriaan dan sepertinya sudah tidak sabar lagi untuk segera sampai di tempat tujuan.

Sesampainya di Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau, Peserta Didik Kelas 6 SD Juara diberi pengarahan tentang tata tertib peminjaman buku dan senantiasa menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan Soeman HS. Mereka diberi tugas oleh Guru Kelas untuk membaca novel cerita anak kemudian membuat ringkasannya.

Mahira salah satu peserta didik yang mengikuti kegiatan outing menuturkan bahwa kegiatan outing ini sangat menyenangkan, dan ringkasan novel cerita anak yang dirangkum menambah nilai edukasi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Newsroom/Mira Zulrahmi
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi