MENARIK ENERGI CINTA MUHAMMAD

Oleh:

Abu Syauqi

Pendiri dan Ketua Dewan Pembina Rumah Zakat Indonesia

Tulisan ini saya awali dengan sebuah ekspresi syukur Alhamdulillah dan ketakjuban yang luar biasa pada kepribadian nabi kita Muhammad SAW. Untuk selalu mengingatnya mari kita bersama melantunkan nasyid “Insan Utama” dari Hadad Alwi, yang selalu kami nyanyikan saat acara-acara bersama di Rumah Zakat Indonesia :

Engkau mengenalnya insan yang utama (siapakah kiranya ?)// Lelaki pilihan menjadi utusan// Dia menunjukkan jalan kebenaran (Muhammad kukira)

Baik hatinya (baik hatinya)//Santun perangainya (sungguh santun perangainya)//Jujur katanya (tak pernah dusta)// Kita menyayangnya (bershalawatlah baginya)// Dia teladan bagi kita semua (dialah teladan kita)// Sebagai karunia yang diberikan Allah bagi semua// Muhammad namanya, ikuti jalannya// (syalalala lalalala lalalalala lalalalala)

***

Mengapa saya merasa semakin jatuh cinta pada pribadi satu ini, karena semakin banyak buku yang saya baca semakin mengarah pada kemuliaan pribadi Rasulullah Muhammad SAW ini. ..Allahu Akbar..! Coba kita baca Berpikir dan Berjiwa Besar-nya David J. Schwartz, Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain-Dale Carnegie, seri Rich Dad-Robert T Kyosaki, tulisan-tulisan kepribadian-Brian Tracy, buku kesehatan The Miracle of Enzyme Self-healing Program yang ditulis Dr. Hiromi Shinya, dan tentunya Secret-Rhonda Byrne, Subhanallah betapa lautan hikmah Al Quran dan Hadits diterjemahkan apik dalam karya-karya mereka. Banyak ada perdebatan tentang Secret dan Law of Attraction-nya, tapi saya apalagi dengan visual film Secret yang luar biasa justru menemukan betapa semakin indahnya Islam, semakin benarlah apa yang telah diajarkan teladan kita nabi Muhammad. Begitu banyak ayat dan hadits nabi yang bisa saya sambungkan atas isi setiap chapter-nya. Sengaja saya cuplikkan buku-buku karangan orang Barat, justru untuk semakin menguatkan bahwa nilai-nilai yang Rasulullah bawa 800an tahun yang lalu masih sangat relevan dan selaras dengan setiap peradaban.

Salah satu yang saya pelajari dari mereka dan selaras benar dengan Rasulullah adalah tentang kekuatan visi dan keyakinan. Apakah menarik sesuatu yang lebih besar pasti lebih sulit dari yang kecil? Apakah waktu untuk mendapat uang 1 Milyar lebih lama daripada 1 juta? Ternyata tidak selalu demikian. Mari kita ingat kisah Nabi Sulaiman as. saat berencana memindahkan kerajaan Ratu Bilqis. Berkata Ifrit dari golongan jin:”Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgasana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya”. Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al Kitab:”Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip”.  Dan berpindahlah kerajaan Saba’ dalam sekejap. Kisah ini tercatat dalam Al Quran artinya bukan dongeng sim salabim. Kejadian ini ada dan menjadi sejarah yang dapat dibuktikan.

Oke, mungkin orang bilang ah itu kan mukjizat nabi, mana mungkin kita bisa lakukan. Dari pada mencari contoh lebih baik dari cerita hidup saya pribadi. Tahun 1997 saya pernah menuliskan sebuah tabel keinginan, tabel itu saya bagi dalam beberapa kolom ; tentang target Rumah Tangga, Spiritual, Karir Bisnis, Sosial dan Pendidikan. Apa yang terjadi pada akhir 2008? Subhanallah hampir semua telah terpenuhi bahkan pada kolom bisnis dan sosial banyak yang mengalami percepatan dan berkali lipat kesuksesannya. Hanya kolom Pendidikan yang mungkin kurang sukses karena saya kurang minat pada pendidikan formal. Tapi jika dikonversi pada minat belajar saya yang semakin tinggi, insya Allah berarti secara umum tabel itu telah terpenuhi.

Sekali lagi, hati-hati dengan pikiran kita, bahkan jika itu sekedar berdesir dalam gurauan. Kita selama ini lebih banyak dididik bahwa kehidupan ini sulit, keras, penuh persaingan, kejam dan sebagainya. Jadi sejak sekolah kita sudah ‘ditakut-takuti’ bahwa begitu banyak yang sulit dan tidak mungkin. Mengapa tidak kita balik, hidup ini begitu banyak keberlimpahan kekayaan dan kesejahteraan, semua masih punya peluang luas luar biasa, karenanya kita harus semangat mencari ilmu untuk menjadi kunci untuk membuka semua khazanahnya.

Ternyata apa yang saya lakukan 11 tahun lalu dalam film Secret dinamakan Vision Board, papan impian. Saya juga pernah membaca ibu (kami sering menyebut bunda) Dr. Marwah Daud Ibrahim telah merumuskan yang namanya MHMMD (Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan) beliau mengistilahkan dengan ‘Peta Hidup’. Saya sepakat dengan bunda Marwah, apa yang beliau konsepkan tak lain adalah kecintaan beliau pada kemuliaan Muhammad (MHMMD).

Akhir-akhir ini saya semakin takjub lagi setelah Allah mengantarkan saya pada sebuah hikmah luar biasa dari Quran Surat An Naas. Apa yang saya baca pada buku-buku di atas, pada kajian ayat dan hadits ditambah visualisasi dahsyat di Secret sungguh semakin menggemuruhkan mantap keyakinan saya tentang kekuatan pesan dalam Surat terakhir dalam Al Quran ini.

“Katakanlah : “Aku berlindung kepada Rabb manusia” [An-Naas : 1]
“Raja Manusia” [An-Naas : 2]
“Sembahan manusia” [An-Naas : 3]
“Dari kejahatan (bisikan) syetan yang biasa bersembunyi” [An-Naas : 4]
“Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam manusia” [An-Naas : 5]
“Dari jin dan manusia” [An-Naas : 6]

Coba perhatikan. 3 gelar untuk Allah : Rabb, Raja dan Sembahan/Tuhan disebut sekaligus. Rabb ini bermakna Sang Pemelihara. Peran rabbaniyah ini layaknya peran seorang ibu, yang merawat dan memelihara kita dengan kasih sayang. Itu mengapa banyak sekali doa diawali dengan kata Rabb (ya Rabbi, ya Rabbana, dll). Raja (Malik), inilah gelar paling gagah, bayangkan pelantikan presiden Amerika begitu luar biasa, dalam surat ini kita sedang memanggil raja dirajanya seluruh alam semesta. Apakah ada yang lebih perkasa? Terakhir kita memanggil ‘Ilah’, Tuhannya manusia. Tak hanya manusia, tapi semua semua makhluk tersungkur bersujud kepada-Nya.

Ketiga panggilan ini yang Maha Luar Biasa ini ‘sengaja’ dihadirkan untuk apa? Ternyata untuk kita belindung dari “kejahatan (bisikan) syetan yang biasa bersembunyi. Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam manusia.Dari jin dan manusia”. Melalui surat ini Allah mengingatkan kita bahayanya pikiran dan keyakinan yang negatif, yang begitu cepat menyelinap membuat kita ragu, takut, khawatir dan tergoda untuk menyerah, berpikir gagal, iri, dengki, untuk tidak percaya bahwa kita bisa. Hati-hati…yang menggoda kita ada di sekitar kita! Karenanya perhatikan dengan siapa kita bergaul, apa yang kita baca, apa saja yang kita tonton, Waspadalah….itulah mengapa Rasulullah melarang kejadian pembunuhan, pemerkosaan tidak boleh disebar-sebarkan karena akan menyergap pikiran dan perasaan kita menjadi waswas dan mengarah negatif.

Sebagai akhir, tepat sekali hadits Qudsi “Ana ‘inda zhanni ‘abdi” , Aku sesuai dengan perkiraan hamba-Ku. Sebagaimana dalam Secret, kita akan mendapatkan apa yang kita fokuskan bukan pada apa yang kita inginkan. Jika fokus perhatian (bahasa kita ; khusyu’) dalam Law of Attaraction akan memancarkan gelombang kuat pada ”Kekuatan Maha Kuat Alam Semesta” kita sebagai muslim sudah jelas tak ada lain selain Rabb, Malik dan Ilah yang lebih kuat selain Allah SWT. Maka berikanlah tarikan terbaik kepada-Nya tentang apapun yang kita harapkan. Allah pasti akan mengabulkan! Kuncinya : Jangan PASANG ANTENA NEGATIF pada Allah! Harus Yakin!

 

Tags :
Konfirmasi Donasi