MENATAP TRAGEDI 15 RAMADHAN

Kejadian hari kemarin, 15 Ramadhan 1429 H sungguh memilukan. Uang zakat yang tak seberapa besar harus dibayar dengan hilangnya nyawa. 21 orang! Jumlah yang luar biasa banyaknya untuk sebuah akibat dari salah urus penyaluran zakat.  Atas nama kemanusiaan jelas kita turut berduka cita, namun sebagai bagian dalam barisan pengelola zakat, kejadian tersebut terasa begitu menyakitkan. Sakit, karena inilah potret kemiskinan yang terjadi di negeri yang katanya gemah ripah loh jinawi. Sakit, juga karena mengapa masih saja berulang proses penyaluran tanpa memperhatikan persiapan dan pengorganisasian yang baik.

Tak hanya zakat sebenarnya, tapi juga qurban. Kita sering melihat apapun bentuk pembagian langsung dan itu memicu hadirnya massa yangberkerumun, apalagi tanpa kartu undangan atau kupon misalnya, jelas sangat berpotensi pada kekacauan. Konser musik saja sering berakhir dengan kekisruhan apalagi zakat yang tanpa dijaga petugas keamanan. Kasus pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun lalu juga seperti ini, untungnya Pemerintah segera mengevaluasi melalui pembagian terkoordinir melalui kantor pos.

Kembali ke penyaluran zakat, kita sadari bahwa kasus kemarin juga jadi warning bahwa badan/lembaga amil zakat harus semakin meningkatkan profesionalismenya. Bisa jadi lembaga kita memang tak layak dipercaya? Jadi lebih baik disalurkan secara swadaya. Bagaimana dengan Rumah Zakat Indonesia?

Berikut ini kami angkat kembali catatan 10 tahun Rumah Zakat Indonesia, minimal ada 10 alasan \\\\\\\”Mengapa Rumah Zakat Indonesia Pantas Menjadi Mitra Anda\\\\\\\”.

1.  RZI telah berdiri selama 10 tahun dan menjadi salah satu perintis pengelolaan zakat, infaq, shadaqah dan filantropi Islam secara profesional, dikelola sebagai sebuah profesi setiap hari, 7 hari kerja, dengan sumber daya manusia 90% di bawah 35 tahun, mayoritasnya sarjana & D3 dari berbagai perguruan tinggi terkemuka.

2.  Indonesia adalah negara bahari dan kepulauan karenanya RZI hadir tak hanya di pulau Jawa namun menyebar dengan jaringan terbesar dibanding lembaga pengelola sejenis. Hingga awal 2008, RZI telah memiliki 28 jaringan kantor di 26 kota besar di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, dengan pola hubungan pusat-cabang yang kokoh dan terintegrasi.

3.  RZI mengembangkan manajemen dana zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan lainnya berbasis komunitas baik per kecamatan maupun kelurahan yang disebut ICD, Integrated Community Development. Setiap ICD ditangani oleh minimal 1 orang Mustahik Relation Officer (MRO) yang mengembangkan 4 program utama; EduCare (pendidikan dasar), HealthCare (kesehatan ibu & anak), EcoCare (pendampingan UKM), YouthCare (pembinaan pemuda dan kerelawanan). Kini telah terbentuk 177 ICD yang akan terus bertambah.

4.  Program yang dikembangkan RZI cukup sederhana, populis namun terasa di masyarakat. Ini bisa dilihat dari program unggulan seperti program mobil jenazah gratis dimana kini telah tersedia 38 unit mobil jenazah dan ambulans yang siap melayani masyarakat secara gratis. Program-program nyata inilah kiranya yang ikut menguatkan 67,944 donatur (per Agustus 2008) semakin percaya terlibat via Rumah Zakat.

5.  Zakat masyarakat terdayagunakan secara optimal dan nyata melalui berdirinya program centre seperti :

  • 4 buah Sekolah Juara (sekolah dasar unggulan, gratis bagi siswa kurang mampu) di Jakarta, Bandung, Cimahi dan Pekanbaru.
  • 5 buah Rumah Bersalin Gratis (RBG) di Bandung, Jakarta, Semarang, Yogya, Medan. Cabang-cabang yang belum memiliki RBG kini juga telah mampu melayani kesehatan ibu dan anak melalui program Layanan Bersalin Gratis (LBG), bekerjasama dengan bidan praktek. Kini telah hadir di 13 kota.
  • 17 buah Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) ‘Mozaik’ di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Medan, Tangerang, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Batam, Padang, Palembang, Malang, Bogor, Solo, Bekasi, Jakarta Selatan dan Cirebon.
  • 2 Youth Development Centre di Bandung dan Surabaya sebagai pusat pelatihan entrepreneurship para pemuda yang tergabung dalam relawan dan Integrated Community Development.

6.   Pengelolaan zakat selain harus maju juga tetap harus sesuai dengan koridor syariah (sharia comply). RZI bangga memiliki Dewan Pengawas Syariah, Ustadz DR. Setiawan Budi Utomo, Lc., Anggota Dewan Syariah Nasional – MUI yang juga dikenal sebagai salah satu pakar ekonomi syariah di Indonesia. So, tak perlu ragu mengamanahkan zakat via Rumah Zakat Indonesia.

7.   Pengelolaan dana masyarakat dilakukan secara amanah didukung teknologi komunikasi modern menghubungkan seluruh jaringan kantor secara online. Setiap perkembangan donasi bisa terpantau secara real time, saat ini sedang dikembangkan sistem informasi untuk memantau perkembangan impelementasi program secara online, web based.

8.   Badan hukum boleh Yayasan tapi budaya kerja full corporate. Setiap hari amil (putra) berdasi rapi. Presensi kehadiran dilakukan secara online, mulai masuk pagi, masuk habis jam istirahat siang, hingga jam kepulangan. Setiap yang terlambat dikenakan denda bervariasi mulai Rp 100 ribu hingga Rp 750 ribu per hari meskipun hanya terlambat 1 detik. Sistem reward & punishment berjalan baik dengan dukungan sistem Human Resource Development yang fair dan transparan.

9.   Meskipun utamanya mensasar segmen personal, RZI juga telah dipercaya banyak perusahaan dan komunitas. Tercatat hingga Juli 2008, 257 perusahaan nasional dan daerah (beraset Rp 500 juta ke atas) bergabung menjadi mitra. RZI juga mendapat apresiasi positif dari PBB (United Nations) dalam program-programnya yang banyak mendukung Millenium Development Goals (MDGs). 7 dari 8 MDGs telah dikerjakan RZI, termasuk dengan hadirnya 44 lokasi Water Well yang dibangun untuk melayani masyarakat mengakses air bersih.

10. Para donatur dan masyarakat secara umum dapat mengakses layanan secara mudah dengan beragam kemudahan berdonasi. Baik via visitin’ counter, dijemput oleh ZIS Consultant, via ATM, mobile banking, internet banking, donasi via kartu debet dan kartu kredit, autodebet, maupun donasi via sms. Mitra online juga bisa berkonsultasi seputar zakat dan layanan via website www.rumahzakat.org maupun sms centre di nomor 0815 7300 1555, email centre : [email protected], call centre 0804 100 1000.

 

Seperti inilah kami kelola Zakat Anda!

 

Tags :
Konfirmasi Donasi