MENDEKATI HARI RAYA QURBAN, RUMAH ZAKAT ADAKAN PENYULUHAN DAN PENDAMPINGAN KELOMPOK TERNAK

(Foto: Rumah Zakat)

OGAN ILIR, RUMAH ZAKAT – Relawan Rumah Zakat bekerja sama dengan dinas peternakan Ogan Ilir mengadakan kegiatan penyuluhan kepada kelompok ternak sapi binaan Rumah Zakat Desa Berdaya Talang Balai Baru, Kecamatan Tanjung Raja, Kamis (23/7).

Kegiatan ini di hadiri 4 orang penerima manfaat  program ternak sapi, 2 orang dinas terkait dan relawan. Selain itu Rumah Zakat melalui relawan juga memberikan bantuan vitamin dan obat.

Bantuan ini merupakan bagian dari Program Desa Berdaya Kolaborasi antara Rumah Zakat dengan PT Rosarum Cindo.

Pemberian vitamin dan obat cacing dibantu langsung oleh Syarif, S. Pt dari Penyuluh Peternakan Dinas Ogan Ilir. Vitamin diberikan untuk membantu pertumbuhan ternak sapi, sedangkan obat cacing mencegah cacingan pada sapi.

Vitamin diberikan dengan cara diinjeksikan pada bagian tubuh sapi. Obat cacing yang diberikan berupa pil tablet. Ada 4 ekor sapi yang diberikan pil cacing dan 2 ekor sapi yang disuntik vitamin. Untuk 2 sapi betina yang sedang hamil tidak diberikan suntikan vitamin karena dikhawatirkan mengganggu kehamilannya, diperkirakan awal tahun melahirkan. Satu sapi jantan pembesaran milik penerima manfaat sudah siap dijual untuk hewan Qurban.

Dengan kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi par apnerima manfaat daalam menjaga dan memelihara hewan ternaknya.

Newsroom

Muhammad Andi/Amri Rusdiana

 

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia