MENGAPA WAJAH WANITA TERLIHAT LEBIH TUA DARI PRIA?

Ketika memilih pasangan hidup, kecenderungannya tentu akan menghindari mencari pasangan wanita yang usianya lebih tua. Atau juga si wanita tidak mau mempunyai suami berumur lebih muda. Meskipun kriteria atau syarat seperti itu sebenarnya nggak jadi alasan syar’i yang kuat.

Sehingga menjadi hal yang biasa ketika wanita mencari suami yang usianya terpaut 5 tahun ke atas, karena biasanya saat tua, perbedaan kulit wajah dengan jarak usia segitu nggak akan terlalu terlihat berbeda. Sebab sudah jadi rahasia umum bahwa wajah wanita lebih mudah terlihat tua daripada pria. Mengapa itu bisa terjadi?

1. Kelenjar keringat yang lebih sedikit

Wanita memiliki kelenjar keringat yang lebih sedikit daripada pria. Kelenjar keringat ini berfungsi untuk membuat kulit tetap lembut. Kekurangan kelenjar keringat pada wanita daripada pria, membuat kulit wanita akan mudah tertarik kencang dan mudah pula berkeriput. Maka nggak menjadi hal aneh bila banyak orang mengatakan bahwa orang dengan kulit berminyak akan lebih awet muda.

2. Wanita mengalami menopause

Wajah wanita yang cenderung cepat terlihat tua, berkeriput, dan kurang segar, bisa disebabkan oleh berkurangnya hormon esterogen yang berfungsi menjaga kulit wajah terlihat sehat dan berseri. Tidak hanya kehilangan hormon esterogen karena usia yang semakin menua, wanita juga kehilangan hormon esterogen karena mengalami menopause, yang membuat aliran darah berkurang dan menimbulkan garis halus serta kerutan pada kulit wajah.

3. Tulang wanita lebih cepat keropos

Wanita lebih mudah mengalami osteoporosis alias pengeroposan tulang daripada pria. Tulang pada bagian pipi dan rahang bawah seorang wanita juga lebih cepat berubah daripada pria. Akibatnya wajah wanita jadi lebih mudah terlihat tirus atau peot dibandingkan pria.

Semua orang pasti akan sampai pada fase usia tua renta. Kita nggak selamanya muda terus, makanya masa muda harus dimanfaatkan untuk beramal dengan sebaik-baiknya.

Biar wajah tua, semangat beramal dan beribadah harus tetap dijaga kemudaannya. Rajin berolahraga, hindarkan diri dari stres, dan makan makanan yang sehat adalah sedikit langkah yang bisa dilakukan untuk bikin wajah awet muda.

Sumber: annida-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi