MITOS ATAU FAKTA? IBU HAMIL MAKAN PEDAS MEMICU KEGUGURAN

Selama masa kehamilan, ada saatnya ibu mungkin sangat ingin makan makanan tertentu, alias ngidam. Selain makanan asam, makanan pedas juga menjadi makanan yang paling sering dicari banyak ibu hamil.

Ngidam wajar dialami oleh ibu hamil. Kondisi itu disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Namun, sebelum memenuhi ngidam yang tiba-tiba muncul, ibu hamil perlu ingat bahwa setiap makanan yang dikonsumsi bisa berdampak pada kondisi kesehatan janin.

Hal ini termasuk ketika ibu hamil ngidam makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas selama kehamilan disebut-sebut dapat memicu keguguran. Benarkah demikian?

Mengapa Ibu Hamil Ngidam Makanan Pedas?

Pada awal kehamilan, ibu mengalami peningkatan hormon bHCG, hormon yang berperan dalam melindungi dan membantu tumbuh kembang janin sampai plasenta terbentuk. Plasenta akan selesai terbentuk pada usia kehamilan 16 minggu, sehingga otomatis kadar hormon bHCG akan terus tinggi sampai usia kehamilan tersebut.

Nah, peningkatan hormon ini biasanya menimbulkan efek samping, yaitu rasa mual dan muntah. Kondisi ini membuat banyak ibu hamil secara tiba-tiba ingin mencari makanan tertentu yang dapat menghilangkan keluhan tersebut, termasuk makanan pedas.

Namun, risiko keguguran dini yang tinggi pada trimester pertama mungkin bisa membuat ibu hamil khawatir dengan efek samping mengonsumsi makanan pedas yang dapat membahayakan janin.

Apakah Aman Makan Pedas saat Hamil?

Kabar baiknya, mengonsumsi makanan pedas selama kehamilan 100 persen aman untuk bayi. Namun, mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak daripada yang dapat ditanggung tubuh bisa menyebabkan masalah terkait pencernaan, seperti peningkatan asam lambung dan BAB cair.

Selain itu, sebuah penelitian tahun 2019 juga menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tertentu selama kehamilan dapat mengubah “rasa” cairan ketuban ibu. Meski belum ada penelitian yang spesifik pada makanan pedas, namun ibu bisa memengaruhi selera makan bayi dengan makanan pedas yang ibu makan, dan Si Kecil mungkin menunjukkan preferensi untuk rasa tertentu yang sudah dikenal di kemudian hari. Hal ini bukan hal yang buruk.

Tips Aman Makan Pedas saat Hamil

Jadi, mengonsumsi makanan pedas saat hamil aman dan tidak membahayakan. Meski begitu, ibu dianjurkan untuk membatasi porsinya setiap kali makan makanan pedas. Ibu juga bisa minum segelas susu setelah makan makanan pedas untuk meminimalisir risiko heartburn.

Bagi ibu hamil yang tidak terbiasa makan pedas, sebaiknya konsumsilah secara perlahan saat ngidam makanan tersebut. Cobalah bangun toleransi ibu terhadap rasa pedas secara bertahap daripada langsung mengonsumsi makanan yang super pedas.

Pastikan juga ibu tetap terhidrasi dengan baik dengan minum banyak cairan. Tidak lupa juga, siapkan makanan pedas dengan aman, dengan memilih bahan-bahan pedas berkualitas dan mencuci tangan sebelum dan setelah menyiapkan makanan.

Sumber: halodoc.com

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia