MTT SUMBAGUT SIGAP BANTU KORBAN GEMPA ACEH

mtt-sumbagut-sigap-bantu-korban-gempa-acehACEH. Pada Rabu (07/12) lalu, pukul 05.03 WIB Gempa berskala 6,4 skala Richter mengguncang Pidie Jaya, Aceh. Gempa yang berpusat di 18 KM Timur Laut Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pada kedalaman 10 KM itu menyebabkan kerusakan yang cukup besar. Ratusan bangunan dan tiang listrik roboh. Jalan retak dan sebagian rusak berat. Korban tewas hingga kini yang tercatat sudah 102 orang (16/12/2016).

Peristiwa gempa bumi tersebut menyebabkan sumber tenaga listrik PLN mati total selama hampir 3 hari secara merata untuk kawansan Kab. Pidie Jaya. Ambruknya masjid dan balai tempat berkumpul warga Pidie Jaya memaksa mereka untuk mendirikan tenda sementara untuk tinggal. Sampai berita ini diturunkan ada sekitar 82.122 orang pengungsi yang tersebar disekitar 120 titik mencakup kabutapen Pidie Jaya, Kab. Bireun dan Kab Pidie. (Sumber PUSDALOPS BNPB)
Kerusakan paling parah dan korban tewas didominasi berasal dari Kab. Pidie Jaya yang merupakan sentra terjadinya gempa bumi 6,4 SR tersebut.

Tepat pukul 21.00 WIB, MTT Regional Sumbagut beserta Tim RZ Medan bergerak dari Medan menuju Pidie Jaya, Aceh. Kamis (08/12) pukul 07.00 Tim tiba di lokasi dan MTT langsung mengadakan survey mencari titik posko yang terparah dan melakukan assessment untuk pemenuhan kebutuhan paling vital dari korban gempa.

Sementara pada Jum’at (09/12), MTT dan RZ memilih desa Deah Pangwa Kec. Trieng Gadeng, Kab Pijay sebagai posko penyaluran Siaga Bencana MTT dan RZ. Jumlah KK yang berada di posko ini berjumlah 550 KK, dan merupakan desa yang lumayan parah terkena dampak bencana. Hal itu terlihat dari hampir 95 % warga di desa ini mengungsi di tenda-tenda darurat yang mereka dirikan secara swadaya.

Adapun bantuan yang disalurkan MTT dan RZ berupa 1,5 L Air Mineral (40 pack), 100 pack Biskuit, pembalut untuk perempuan, lansia dan popok untuk balita masing-masing 50 pack, selimut serta tabung Oksigen.

“Semoga bantuan yang diberi oleh rekan-rekan MTT dan RZ ini bisa kami manfaatkan dengan sebaik baiknya”, ungkap bang Harun, perwakilan dari posko Deah Pangwa. Tak ketinggalan ibu Fatimah juga menyampaikan rasa terima kasihnya, “Kami sangat bersyukur dengan bantuan yang diberikan oleh adik-adik sekalian, rumah kami banyak yang rusak parah. Mohon doanya agar semua bencana ini cepat berlalu.” Tutupnya.

Tomi Irwansyah, selaku ketua MTT Regional Sumbagut mengharapkan semua pihak dapat berpartisipasi aktif dalam merecovery dan memperbaiki infrastruktur sosial masyarakat Aceh yang terkena dampak gempa bumi.

Newsroom/Arbi Wiranda
Aceh

Tags :
Konfirmasi Donasi