Sahabat, tidak jarang orang merasa bingung ketika menjelang qurban tiba. Biasanya, masyarakat bingung untuk menentukan apakah akan melaksanakan aqiqah dulu atau qurban dulu atau bahkan melaksanakan kedua duanya?

Berdasarkan anjuran yang ada, ada baiknya ketika hari raya Idul Adha tiba seorang muslim agar melaksanakan qurban terlebih dahulu. Sebab, qurban itu pelaksanaannya setahun sekali dan hanya di waktu tertentu. Sedangkan aqiqah, itu bisa kapan saja selagi orang yang hendak aqiqah sudah sanggup dalam hal biaya.

Dilansir dari Rumaysho.com, aqiqah dan qurban masing-masing punya sebab dan kaitan waktu tersendiri. Qurban dilakukan pada hari Idul Adha atau hari tasyriq. Sedangkan aqiqah dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran.

Namun jika berada dalam kondisi darurat untuk menyembelih qurban dan aqiqah pada satu waktu, maka itu boleh karena kedua amalan tersebut adalah sunnah.

Keutamaan pada qurban lebih besar daripada keutamaan pada aqiqah.

Sayyid Sabiq berkata, “Ulama Hambali berpendapat bahwa jika bertemu antara hari nahr (Idul Adha) dan hari aqiqah, maka boleh mencukupkan dengan satu sembelihan sebagaimana cukup dengan satu mandi jika bertemu hari Ied dan hari Jumat.”

Namun kalau memiliki kelapangan rezeki, memisahkan antara kurban dan aqiqah itu lebih baik. Jika berada dalam kondisi sulit, memilih pendapat Imam Ahmad untuk menggabungkan itu lebih utama.

Wallahu a’lam.

Di tahun 2021 ini, Rumah Zakat kembali melayani qurban bagi sahabat yang hendak berqurban. Terlebih tahun ini masih memasuki masa pandemi, sehingga qurban pun baiknya dilaksanakan secara online agar tetap mentaati protokol kesehatan.

Rumah Zakat memiliki program Superqurban, sebuah optimalisasi daging qurban yang diolah menjadi kornet atau rendang sehingga pendistribusiannya lebih luas dan manfaatnya dapat dirasakan sepanjang tahun. Oleh karena itulah Superqurban dapat menjadi solusi ketahanan pangan Indonesia di masa pandemi.

Kami sangat terbuka dengan beragam sinergi dari Sahabat. Oleh karenanya jangan sungkan untuk menghubungi petugas kami melalui WA Centre di 0815 7300 1555

Info lebih lanjut, klik link : http://rumahzakat.org/superqurban

Jangan lupa, follow juga Instagram Rumah Zakat di @Rumahzakat