Sahabat Zakat, nyeri haid pada wanita saat datang bulan kerap kali sering dirasakan setiap bulannya. Rasa nyeri haid tersebut bisa ringan sampai berat, sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Meskipun hal tersebut terbilang normal, namun apabila nyeri haid terjadi disaat kondisi pekerjaan sedang menumpuk tentu akan mengganggu produktivitas kita.

Dilansir dari Alodokter.com, berikut ada beberapa cara untuk meredakan nyeri haid, di antaranya:

1. Berikan Kompres Hangat Pada Perut
Sahabat bisa menempelkan kompres hangat di area perut dan punggung bagian bawah selama 15-20 menit. Riset membuktikan bahwa terapi tersebut hampir sama efektifnya dengan obat pereda nyeri, seperti paracetamol dan ibuprofen.

2. Lakukan Pijatan Lembut
Lakukan pijatan dengan gerakan melingkar di perut yang terasa nyeri selama lima menit dengan menggunakan minyak campuran kelapa atau jojoba dengan minyak esensial seperti lavender, cengkeh, dan kayu manis. Cara tersebut bisa dibarengi dengan pemberian kompres hangat.

3. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu
Ada baiknya Sahabat Zakat menghindari makanan dan minuman yang berlemak, kafein, alkohol, dan minuman bersoda. Menghindari minuman tersebut bisa meringankan rasa sakit dan mengurangi rasa nyeri akibat kram perut.

Sebagai gantinya, Sahabat Zakat bisa mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, cokelat hitam, telur, susu, yoghurt, dan ikan. Atau bisa meminum teh dengan campuran jahe atau daun mint. Minuman tersebut bisa meringankan nyeri dan mencegah perut kembung saat haid.

4. Lakukan Teknik Relaksasi
Luangkan untuk melakukan teknik relaksasi, seperti meditasi, pilates, dan yoga agar bisa membantu mengalihkan perhatian sahabat dari rasa nyeri saat haid. Beberapa pose yoga bisa meredakan nyeri punggung saat menstruasi.

5. Rutin Olahraga
Jangan jadikan haid sebagai kendala untuk tetap berolahraga, justru kita harus aktif secara fisik agar bisa membantu mengurangi rasa nyeri.

Menurut penelitian, wanita yang rutin berolahraga 30 menit selama 3 hari dalam seminggu bisa mengalami perbaikan gejala nyeri haid yang cukup signifikan.

6. Berendam di Air Hangat
Cara ini bisa membantu sahabat untuk menjadikan otot-otot lebih rileks. Selain itu juga bisa memperbaiki suasana hati akibat mood swing yang mungkin terjadi saat haid.

7. Menggunakan Obat Pereda Nyeri
Apabila ke enam cara sebelumnya tidak meredakan nyeri haid, Sahabat Zakat bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dianjurkan, seperti ibuprofen atau paracetamol.