OPTIMALKAN PENYALURAN ZAKAT, LAZIS PLN GANDENG LEMBAGA FILANTROPI

RZ LDKO CilegonJAKARTA. Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZIS) milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) bekerja sama dengan beberapa lembaga filantropi dalam memaksimalkan penyaluran dana zakat karyawannya. Kerjasama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak.

Tidak tanggung-tanggung, LAZIS PLN menggandeng lima lembaga filantropi sekaligus. Masing-masing yaitu Dompet Dhuafa (DD) dengan program pembedayaan ekonomi, Rumah Zakat (RZ) dengan program sekolah juara dhuafa dan rumah bersalin dhuafa, Al Azhar Peduli Umat dengan program rumah gemilang Indonesia, PKPU dengan program bantuan kebencanaan dan PPPA Darul Quran dengan program kampung Quran dan pembinaan mualaf.

“MoU ini berisi kerja sama strategis program unggulan lembaga yang sifatnya nasional. Itu yang kami sinergikan dengan LAZIS PLN,” kata Ketua Bidang Koordinasi dan Kerja sama Strategis, LAZIS PLN, Herry Hasanuddin, kepada Republika.co.id, Selasa (10/11).

Dana zakat yang disalurkan ini berasal dari pemotongan zakat 42 ribu pegawai PLN yang beragama Islam yang ada di seluruh Indonesia. Dana zakat yang akan disalurkan melalui kerja sama ini berjumlah Rp 20 miliar dari total dana yang terkumpul sebesar Rp 80 miliar. Sementara, sisanya didistribusikan ke 50 Lazis unit PLN.

Menurut Hery, sebanyak 65 persen dari dana zakat akan diprioritaskan untuk pendidikan. Pendidikan dinilai memberikan peranan yang sangat besar dalam mengubah kaum dhuafa dari mustahiq (penerima zakat) menjadi muzakki (pembayar zakat). Selain pendidikan, sebanyak 25 persen dana zakat akan disalurkan untuk pelayanan kesehatan dan bantuan bencana.

“Dan sisanya akan disalurkan ke sosial kemanusiaan, pemberdayaan dan dakwah termasuk pembinaan mualaf di daerah muslim minoritas terpencil,” ujar Hery.

Hery mengatakan, semua program ini didorong untuk disalurkan ke daerah-daerah di Pulau Jawa. Tempat-tempat yang menjadi target penyaluran dana dipilih berdasarkan hasil survei daerah yang sangat membutuhkan. Untuk pendidikan sendiri, dana zakat akan diprioritaskan untuk disalurkan ke Indonesia bagian timur.

Hery berharap kerja sama ini dapat mengoptimalkan dana zakat agar bisa tersalurkan dengan cepat. Sehingga, manfaatnya dapat dirasakan oleh kaum dhuafa.***

Sumber : http://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/11/10/nxlp1h384-optimalkan-penyaluran-zakat-lazis-pln-gandeng-lembaga-filantropi

Tags :
Konfirmasi Donasi