PAHALA MENGGUNAKAN MASKER

oleh: Moch Hisyam

Menggunakan masker saat keluar rumah saat pandemi Covid-19 ini merupakan bagian dari ibadah kita kepada Allah SWT. Menggunakan masker di masa pandemi Covid-19 termasuk ibadah ghair mahdah.

Ibadah ghair mahdah adalah ibadah yang asal penetapannya bukan dari dalil syariat. Asalkan perbuatan itu baik, bermanfaat, diniatkan dengan niat yang benar dan tidak ada satu dalil yang melarangnya, perbuatan tersebut termasuk ibadah (ghair mahdah). Contohnya, mengenakan masker saat pandemi Covid-19.

Menggunakan masker saat pandemi Covid-19 terlebih saat keluar rumah merupakan perbuatan yang baik. Dengan mengenakan masker, kita bisa terjaga dari penularan Covid-19 sekaligus bisa memutus rantai penyebarannya.

Sepintas, menggunakan masker pada saat pandemi Covid-19 merupakan perbuatan yang terkait dengan amalan dunia. Namun, jika kita meniatkan memakai masker karena Allah SWT, akan menjadi amalan akhirat (ibadah).

Hal itu didasari keterangan yang menyebutkan bahwa ada sebuah amal yang tampak sebagai amalan dunia, tapi sesungguhnya adalah amalan akhirat karena didasari niat yang benar. Rasulullah SAW bersabda, “Banyak amal perbuatan yang berbentuk amal dunia, lalu menjadi amal akhirat dengan baiknya niat. Dan banyak amal perbuatan yang berbentuk amal akhirat, lalu menjadi amal dunia dengan buruknya niat.”

Oleh karena itu, ketika kita menggunakan masker, terlebih saat keluar rumah pada saat ini, kita akan mendapatkan pahala yang banyak dan berlimpah, di antaranya, pahala dari kesyukuran. Sebab, menggunakan masker merupakan upaya kita dalam menjaga nikmat kesehatan yang Allah berikan kepada. Bahkan, dengan kesyukuran akan menjadi sebab semakin banyaknya nikmat yang akan kita terima.

Allah SWT berfirman, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat’.”  (QS Ibrahim [14]: 7).

Selain itu, kita akan mendapatkan pahala dari melindungi orang lain dari penularan Covid-19. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak boleh melakukan sesuatu yang berbahaya dan menimbulkan bahaya bagi orang lain.” (Hadis hasan diriwayatkan oleh Ibnu Majah). Kita akan mendapat pahala dari menaati pemerintah. Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang beriman taatlah kalian kepada Allah dan taatlah kalian kepada Rasul dan ulil amri kalian.” (QS an-Nisa: 59).

Untuk itu, mari kita gunakan masker setiap hari, terutama saat keluar rumah di masa pandemi Covid-19 ini. Dan kita niatkan itu semua sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT dan melindungi diri dan orang lain dari penyebaran Covid-19 agar apa yang kita lakukan dicatat sebagai amal ibadah.

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia