Relawan Rumah Zakat menyalurkan bantuan moda lkepada peternak ayam dari kelompok usaha bersama.

PADANG – Kamis, 14 September 2021, Ternak ayam kampung dari kelompok usaha bersama yang berbentuk Badan Usaha Milik Masyarakat (Bummas) untuk Desa Berdaya Ikur Koto binaan Rumah Zakat telah memasuki usia tiga bulan masa pemeliharaan.

Ayam yang dipelihara sudah cukup besar, berat rata-rata ternak ayam 1 kg sampai 1,5 kg. Ayam yang sudah cukup umur dan berat ini sudah mulai dijual untuk selanjutnya akan dipersiapkan penambahan bibit baru.

Asep yang merupakan salah seorang penerima manfaat BUMMas ternak ayam mengungkapkan bahwasanya usaha bersama ini sudah memperoleh hasil. Ayam akan dipisahkan berdasarkan ukurannya, ayam yang besar akan dijual sedangkan ukuran yang lebih kecil akan tetap dipelihara sampai ukurannya cukup untuk dijual.

Selanjutnya kandang ayam akan dibersihkan sebelum dimasukkan bibit ayam. Adanya kandang pemeliharaan yang lebih luas untuk pembesaran menjadi harapan bapak Asep agar dapat memaksimal hasil ternak ayam.

“Alhamdulillah usaha ternak ayam kita sudah memberikan hasil, selanjutnya hasil penjualan ayam ini akan kembali dibelikan bibit baru. Kita juga berharap untuk dapat membangun kandang yang lebih besar guna memaksimalkan hasil usaha.” Ungkap Asep.

Newsroom

Lailatul Istikhomah/Amri Rusdiana